29
Nov

“Jadilah Agen Pembawa Perubahan Positif di Unit Kerja”

Ciawi-Pusat BKN, Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS gelombang V golongan III angkatan 11, 12 dan 13 tahun 2019, Jumat (29/11/2019) resmi ditutup. Penutupan Latsar yang diperuntukkan bagi CPNS hasil rekrutmen tahun anggaran (TA) 2018 ini berlangsung di Pusat Pengembangan ASN BKN, Ciawi, Bogor.

Seluruh peserta Latsar yang terdiri dari 96 orang ini telah menyelesaikan rangkaian pelatihan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap orientasi, internalisasi, tahap aktualisasi, dan tahap evaluasi aktualisasi. Deputi BKN Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Haryomo Dwi Putranto dalam sambutan penutupan Latsar mengatakan aktualisasi nyata sebagai abdi masyarakat yang sebenarnya adalah ketika para peserta Latsar memasuki dunia kerja nyata pada instansi masing-masing. “Ada kalanya, Anda akan menghadapi situasi dan kondisi yang tidak ideal. Maka jadilah Anda sebagai sosok yang mampu bersikap positif menghadapi situasi itu. Saudara harus dapat menjadi agen pembawa perubahan positif di unit kerja masing-masing”.

Maka jadilah Anda sebagai sosok yang mampu bersikap positif. (Foto: dep)

Lebih lanjut Deputi PMK mengatakan para pelamar yang kemudian lulus menjadi CPNS adalah investasi bagi bangsa karena telah berhasil melalui tes yang dilakukan secara transparan, fair dan akuntabel. “Pertahankan predikat terbaik hingga Anda semua berada di lingkungan kerja. Wujudkan profesionalisme melalui tiga komponen yakni intelegensi, emosional dan spiritual yang tinggi. Pintar saja tidak bisa dikatakan profesional jika tidak mampu mengelola emosi dengan baik dan memiliki spiritualitas rendah”.

Deputi PMK juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan kerja, setiap pegawai agar jangan menjadi superman namun harus mampu membangun supertim. “Jangan gunakan ego dalam penyelesaian kerja. Atasan dan bawahan adalah komponen tim yang harus bekerja dengan baik, berkoordinasilah dengan sebaik-baiknya”.

Latsar CPNS, sambung Haryomo, dilakukan secara terintegrasi untuk membangun sejumlah karakter, di antaranya integritas moral, kejujuran, semangat, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab. Selepas mengikuti Latsar, para peserta diharapkan dapat menunjukkan perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI serta menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya. dep