04
Mei

Jelang Seleksi Rekrutmen Calon Praja IPDN, Petugas CAT BKN Diminta Jaga Integritas

Jakarta-Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengarahkan pegawai yang bertugas mengawal seleksi rekrutmen calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN dan calon taruna  Sekolah Tinggi  Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) untuk menjaga integritas pelaksanaan tes yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN itu. “Implementasi sistem CAT ini mempertaruhkan nama bangsa dalam rekrutmen aparatur sipil negara (ASN). Siapkan integritas dan kekuatan mental untuk membuktikan bahwa CAT BKN mampu mengawal rekrutmen ASN yang fair dan transparan,” ujar Bima, Senin (2/5/2016) saat memberikan arahan dalam pembekalan Petugas CAT BKN, di  CAT Station, Jakarta.

Bima Haria Wibisana menuturkan, kepercayaan IPDN dan STMKG terhadap CAT BKN sebagai sistem andal dalam rekrutmen calon peserta ikatan dinas IPDN dan STMKG bukan kali yang pertama. “Namun justru karena ini bukan kali yang pertama, kita perlu semakin meningkatkan integritas. Jaga kepercayaan masyarakat yang telah mengasumsikan CAT BKN sebagai sistem rekrutmen yang menjamin transparansi dan keadilan bagi semua pihak.”

Sebelumnya Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Seleksi, Yudantoro Bayu menjelaskan untuk mengawal seleksi calon praja IPDN diturunkan 59 pegawai BKN, sementara untuk mengawal proses seleksi calon taruna STMKG diterjunkan 31 pegawai BKN. “Seleksi yang menggunakan sistem CAT ini diperuntukkan untuk seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD). Seleksi IPDN berlangsung pada 9 sampai dengan 14 Mei 2016, sedangkan seleksi taruna STMKG mulai pada 17 Mei hingga selesai,” pungkas Bayu. dep