15
Nov

Kanreg IX BKN Jayapura Luncurkan Aplikasi Sipace Papua dan Sinoken

Jayapura-Humas BKN, Bertempat di aula Cenderawasih Kantor Regional (Kanreg) IX BKN Jayapura, Sekretaris Utama (Sestama) BKN Supranawa Yusuf, Jumat (15/11/ 2019) meluncurkan aplikasi Sipace Papua (Sistem Informasi Panduan Cepat Pelayanan Kepegawaian Untuk Anda) dan Sinoken (Sistem Informasi Nota Kenaikan Pangkat) di sela sela Rakor Updating Pengukuran Indeks Profesional ASN yang diikuti oleh Kepala BKD/BKPP/BKPSDM se-wilayah Provinsi Papua.

Dalam pidato sambutannya, Sestama BKN menyatakan menyambut baik dan mengapresiasi peluncuran aplikasi ini, sebagai wujud komitmen memberikan kemudahan akan pelayanan kepegawaian yang senantiasa lebih baik “Saya berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh stakeholders baik yang berada di wilayah Papua maupun wilayah lain di Indonesia”.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Paulus Dwi Laksono memaparkan arti pentingnya aplikasi tersebut. Menurut Paulus, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbentuk e-book peraturan Perundang-Undangan Kepegawaian yang di dalamnya terdapat panduan berbagai layanan kepegawaian mulai dari penyusunan kebutuhan pegawai hingga urusan pemberhentian dan pensiun pegawai, dan bahkan termasuk pula panduan layanan perlindungan kesehatan dan hari tua.
“Aplikasi ini dimaksudkan untuk memudahkan para pengelola kepegawaian dalam memberikan pelayanan yang tepat , cepat dan akuntabel. Karena berbentuk e-book maka mudah difungsikan sebagai panduan operasional dalam melaksanakan pelayanan kepegawaian dan pengelolaan manajemen PNS. Dasar dari penyusunan aplikasi ini adalah UU nomor 5/2014 tentang ASN dan PP Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS”. Latar belakang dibuatnya aplikasi ini, sambung Paulus, karena banyak berkas usulan kenaikan pangkat dan usulan pensiun yang tidak lengkap dan bahkan tidak memenuhi syarat dan data kepegawaian yag dikirim instansi belum sesuai dengan data dalam database BKN. Sehingga dirasa perlu dibuatkan pedoman operasional untuk memudahkan dalam melakukan verifikasi data agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan kepegawaian.

Sebagai wujud keseriusan dalam meningkatkan pelayanan kepegawaian di Provinsi Papua, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama dengan para kepala BKD/BKPP/BKPSDM dan para pejabat di lingkungan Kantor Regional IX BKN Jayapura. dep/KanregIXBKNJayapura