23
Okt

Kanreg XII BKN Jadi Terbaik I Pembinaan Manajemen Kinerja PNS pada Instansi Daerah

Jakarta – Humas BKN, Direktorat Kinerja ASN memberikan apresiasi kepada Kantor Regional (Kanreg) BKN yang berhasil merealisasikan komitmen pembinaan manajemen kinerja pada instansi di wilayah kerja (wilker) masing-masing Kanreg. Apresiasi tersebut diberikan sebagai rangkaian dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) manajemen kinerja PNS pada instansi yang mencakup Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Penghargaan tersebut diberikan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Sistem Monev Kinerja Instansi Pemerintah, Rabu (23/10/2019) di Hotel Teraskita, Jakarta. Peringkat Terbaik I diraih oleh Kanreg XII BKN Pekanbaru, Terbaik II diraih Kanreg X BKN Denpasar, Terbaik III Kanreg IV BKN Makassar, Harapan I diraih Kanreg I BKN Yogyakarta dan Harapan II diraih Kanreg V BKN Jakarta.

Direktur Kinerja ASN Neny Rochyani mengatakan ada sejumlah indikator pengukuran penerapan manajemen kinerja yang digunakan, beberapa di antaranya intensitas dalam melakukan pembinaan penilaian kinerja di wilker Kanreg berdasarkan tingkat kepatuhan instansi daerah pada pelaporan penilaian kinerja; Responsif dalam menjalankan kewenangan dari BKN Pusat melalui monev kinerja oleh Kanreg, dan tingkat adaptivitas terhadap perkembangan terkini melalui jumlah pelaporan penilaian kinerja pascaintegrasi e-lapkinas dengan SAPK.

Dalam arahannya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana juga sempat menyinggung tentang desain manajemen kinerja yang semestinya tidak sekadar mampu merepresentasikan kegiatan yang dikerjakan seorang pegawai, tetapi juga terhadap nilai apa yang telah dihasilkan dalam pelaksanaan kerjanya. Bima menganalogikan pesan tersebut dengan istilah not just _sent but delivered, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato pelantikannya.

Pada forum yang sama, Deputi BKN Bidang Pembinaan Manajemen Kinerja (PMK) Haryomo mengakui masih ada sejumlah kendala yang dihadapi instansi untuk menerapkan sistem manajemen kinerja. Untuk itu Haryomo mengungkapkan forum FGD ini menjadi sarana evaluasi, penguatan komunikasi dan komitmen penerapan sistem kinerja di BKN Pusat maupun di wilker seluruh Kanreg BKN. des/don