28
Okt

Kartu Ujian Tertinggal Saat Transit, Proses TKD Terhambat

Serba-serbi TKD; Laporan Diah Kurniya-Kanreg VIII BKN Banjarmasin

Banjarmasin-Humas BKN, Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) pelamar CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin sempat terlambat beberapa menit. Kejadian tersebut berlangsung pada awal Oktober 2014 lalu, tepatnya Rabu (8/10/2014). Apa pasal?

Diah Kurniya-Kanreg VIII BKN Banjarmasin

Praktisi Humas yang juga Panitia CPNS BKN VIII Banjarmasin Diah Kurniya.

Sebagaimana dituturkan Panitia CPNS 2014-BKN VIII Banjarmasin Diah Kurniya bahwa hal itu terjadi karena seorang peserta TKD rekrutmen CPNS BPOM masuk ruangan TKD tanpa kartu ujian. Menurut Diah Kurniya peserta tersebut mengaku bahwa bagasi tasnya hilang atau mungkin tertinggal karena kelalaian maskapai penerbangan. Sementara kartu ujian yang telah disertai foto dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berada dalam bagasi tersebut. Pesawat yang ditumpanginya itu menggunakan rute transit Makasar-Balikpapan-Banjarmasin. Setelah dilakukan pengecekkan kepada petugas penerbangan ternyata tasnya tertinggal di Bandara Balikpapan.

Dari kejadian tersebut, untuk mengambil keputusan apakah peserta tersebut boleh mengikuti TKD atau tidak, Diah Kurniya mengungkapkan langkah panitia dari BPOM dan Kanreg VIII BKN Banjarmasin kemudian berembuk. “Karena peserta itu dapat menunjukkan kartu peserta yang dicetak ulang walaupun tanpa foto. Dilengkapi bukti bahwa tasnya benar-benar hilang/tertinggal dengan surat keterangan resmi dari maskapai penerbangan yang dia tumpangi. Dan surat keterangan domisili tinggal. Maka dengan ketiga bukti tersebut akhirnya panitia memutuskan untuk mengijinkan peserta itu mengikuti tes,” ulas Diah Kurniya. Setelah menyelesaikan TKD, peserta tersebut berhasil meraih nilai TIU 110, TWK 90, TKP 132 total nilai 332.

Peserta Hilang Kartu

Peserta yang kartu ujian tertinggal saat transit (kemeja hitam) berhasil meraih nilai TIU 110, TWK 90, TKP 132 total nilai 332.

Selanjutnya Diah Kurniya menghimbau kepada peserta yang menggunakan transportasi udara untuk menuju lokasi ujian, sebaiknya membawa serta kelengkapan ujian tersebut ke dalam kabin pesawat, tidak dimasukkan bagasi. “Namun, apapun transportasi yang digunakan dan bagaimanapun keadaannya, diharapkan peserta agar lebih hati-hati dan cermat saat menyimpan berkas perlengkapan ujian, seperti KTP dan Kartu Peserta, serta berhati-hati juga saat menggunakan kendaraan pribadi di jalanan,” pungkas Diah Kurniya.

Proses TKD masih terus berjalan hingga Desember 2014. Semoga lancar tanpa kendala dan Pemerintah akan tetap menjamin transparansi rekrutmen CPNS yang akuntabel dan profesional. Subali/Diah-Kanreg BKN VIII  Banjarmasin