06
Sep

Kedeputian Sinka BKN Sosialisasikan Langkah Optimalisasi Kualitas Data ASN

Surabaya – Humas BKN, Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (Sinka BKN) tengah fokus mempercepat terwujudnya Satu Data ASN yang menjadi program nasional. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menyelenggarakan Sosialisasi Optimalisasi Kualitas Data ASN untuk pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional II BKN Surabaya. Plt. Kepala BKN, Bima Haria Wibisana yang membuka langsung kegiatan mengatakan bahwa dunia terus berkembang memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan, termasuk manajemen ASN.

(foto: sufi)

“Oleh karena itu kita harus beradaptasi salah satunya melalui Sistem Informasi ASN (SIASN) yang saat ini kita bangun,” terangnya dalam sosialisasi yang diselenggarakan selama tiga hari, Senin-Rabu (9-11 September 2021) di Hotel JW Marriott Surabaya. Bima juga berharap sistem ini mampu mengakomodasi dan memberikan kemudahan bagi ASN untuk mendapatkan pelayanan kepegawaian. “Untuk mewujudkan itu semua, kita harus mulai dari sekarang, baik membangun infrastruktur, aplikasi, maupun SDM,” imbaunya kepada peserta sosialisasi yang dihadiri terbatas secara luring oleh Kepala BKD/BKPSDM/BKPP di wilayah kerja Kantor Regional II BKN Surabaya beserta satu staf teknis pengelola kepegawaian.

Di samping itu, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen memaparkan tentang sistem yang digunakan dalam optimalisasi Data ASN. Menurutnya optimalisasi data ASN dapat diwujudkan bersama melalui Pemutakhiran Data Mandiri yang dilakukan ASN dan PPT untuk Non-ASN, serta Digitalisasi Tata Naskah. “Oleh karena itu kami (BKN) mengembangkan sistem terintegrasi untuk mengelola data ASN, yaitu melalui SIASN dan MySAPK,” jelasnya.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan BKN Award 2021 kepada instansi daerah di wilayah kerja Kantor Regional II BKN. Selain itu, Plt. Kepala BKN dalam kunjungannya kali ini menyempatkan untuk memantau langsung pelaksanaan SKD CASN 2021. SKD yang diselenggarakan di Ruang CAT Kantor Regional II BKN ini sendiri telah berlangsung sejak 2 September 2021 lalu.

Peliput: Sufi/kanregSurabaya
Editor: Desi