17
Apr

Kemampuan Memecahkan Masalah Kompleks Jadi Tren Keahlian Tahun 2020

Ciawi-Humas BKN, Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks menjadi salah satu keahlian yang dibutuhkan di masa mendatang. “Sosok yang memiliki kemampuan mencarikan solusi atas sebuah masalah dengan mendasarkan pada berbagai perspektif, hingga melahirkan solusi yang akurat dan tepat bagi berbagai sisi yang berkaitan, menjadi keahlian yang akan ngetren di tahun 2020″. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana saat menyampaikan ceramah umum bagi peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV Angkatan I dan II tahun 2018, di Pusat Pengembangan (Pusbang) ASN BKN, Ciawi, Bogor.

Lebih lanjut Kepala BKN menjelaskan keahlian lain yang juga akan menjadi tren di tahun 2020 yakni berpikir kritis, kreatif, kemampuan dalam manajemen manusia, berkoordinasi, kecerdasan emosional, penilaian dan membuat keputusan, orientasi pelayanan, negosiasi dan fleksibilitas kognitif.

Bima menjelaskan untuk keahlian negosiasi yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk menjadi penengah atas pihak-pihak yang berbeda kepentingan hingga lahir perspektif positif di antara kedua belah pihak dan muncul kemauan bersinergi satu sama lain.

Di hadapan para peserta Diklatpim IV, Bima mengingatkan bahwa pendidikan tinggi semestinya bisa mendorong lahirnya sosok-sosok yang berkarakter “skeptis” terhadap lingkungan. “Skeptis di sini adalah berpikir kritis atas apa yang melingkupi dirinya saat ini. Skeptis di sini akan memantik kekritisan dan mendorong lahirnya inovasi atau ide untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik”. dep