18
Nov

Kembangkan Metode Assessment Center, BKN Hadiri The 42nd International Congress on Assessment Center Methods and Developing Leadership Talent

Shanghai-Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana beserta Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN, Purwanto, dan 2 orang assessor BKN lainnya yakni Jul Zweison Ambran, dan Virginia D.A. Ekaputri mengikuti The 42nd International Congress on Assessment Center Methods and Developing Leadership Talent yang diselenggarakan di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok pada 13-15 November 2019.

Bruce Watt, Vice President Development Dimensions International (DDI) menyampaikan bahwa penggunaan assessment center terutama dalam menghadapi era yang penuh tantangan dan gangguan perlu didorong. Penilaian kompetensi juga perlu dikembangkan tidak sekadar pengukuran, namun juga analisis mendalam atas data-data yang dikumpulkan. “Paling penting, penggunaan teknologi yang memangkas waktu dan biaya dalam penilaian kompetensi harus terus dilaksanakan dan tidak berhenti sampai pengambilan data dalam simulasi yang dilaksanakan, namun juga lebih berupaya mendampingi asesi dalam membentuk diri menjadi pemimpin yang sesuai dengan visi organisasi,” ujarnya.

William C. Byham selaku pendiri dan Pimpinan Eksekutif DDI menyampaikan, pendekatan berbeda yang dilakukan DDI dalam meningkatkan validitas penilaian kompetensi dan memberikan feedback yang bermakna bagi asesi dengan biaya dan waktu yang lebih sedikit. Lebih dari 10 tahun terakhir DDI telah mengembangkan Manager Ready, aplikasi pendukung assessment center yang valid dengan tetap memberdayakan asesor terlatih dan mulai memperkenalkan Leader3 untuk mendukung pelaksanaan penilaian kompetensi. “Leader3 ini menggabungkan teknologi dengan tetap mengutamakan etika manusia atau menggunakan asesor sebagai operatornya,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN mendapatkan bekal untuk lebih mengembangkan metode assessment center guna mempertajam penilaian kompetensi yang dilakukan dan mengawal Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019, sehingga memberikan dampak yang signifikan dalam fungsi BKN sebagai pembina kepegawaian.  kaw/virginia/PuspenkomBKN