27
Okt

KemenkumHAM Gunakan CAT BKN Untuk Ujian Penyesuaian Ijazah 2.998 Pegawai

Jakarta-Humas BKN, Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) lakukan ujian penyesuaian ijazah (PI) serentak untuk seluruh kantor wilayah KemenkumHAM dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN. Ujian PI ini diikuti oleh 2.998 pegawai dari 33 kantor wilayah (Kanwil) KemenkumHAM yang telah mendapatkan ijazah S1 ataupun S2. Menurut Nurhepi Anita, JFU pada Sekretariat Jenderal KemenkumHAM menjelaskan bahwa pelaksanaan PI ini diikuti oleh pegawai golongan ruang IIb yang telah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan ijazah untuk diangkat menjadi golongan ruang IIIa. Sedangkan untuk IIIa yang memiliki ijazah S2 akan diangkat menjadi golongan ruang IIIb. Nurhepi menambahkan bahwa untuk Jakarta dan Banten, pelaksanaan ujian dilakukan di Kantor Pusat BKN yang diikuti oleh 630 peserta yang dibagi menjadi beberapa sesi. Hari Selasa (27/10) dilakukan sebanyak empat sesi, sedangkan pada hari Rabu, (28/10) akan dilakukan sebanyak tiga sesi.

Sementara itu, ditemui di sela-sela pelaksanaan ujian PI di gedung CAT, Kepala Bidang Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) Heri Susilowati menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian PI Kemenkumham ini dilakukan di Kantor Pusat BKN, 11 Kantor Regional (Kanreg) BKN dan 18 stasiun mandiri di berbagai tempat di Indonesia. Selain di Kantor Pusat BKN, ujian PI hanya dilakukan pada hari ini saja.

Selain pelaksanaan ujian PI Kemenkumham, CAT BKN pada minggu ini juga diminta untuk melakukan seleksi masuk Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) yang dilakukan di berbagai tempat selama dua hari, Senin-Selasa (26-27/10). Heri Susilowati menyampaikan bahwa jumlah peserta IPDN sebanyak 12.232 orang dengan pelaksanaan tes dilakukan di 12 Kanreg BKN dan 19 titik stasiun mandiri yang tersebar di wilayah Republik Indonesia. Info terakhir, skor tertinggi peserta seleksi IPDN adalah 421. fuad