31
Jul

Kemenpora Rampungkan Museum Olahraga Nasional di GBK Jelang Asian Games 2018

IMG_0218

Museum Olahraga Nasional. (foto: google)

Jakarta – Humas BKN, Jelang perhelatan Asian Games 2018, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), selaku tuan rumah, terus berbenah. Selain memugar venue cabang olahraga yang dilombakan, Kemenpora akan segera merampungkan Museum Olahraga Nasional yang baru, berlokasi di Gedung Selasar Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal itu disampaikan Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto saat membuka secara langsung Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kemenpora di Museum Olahraga Nasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (31/7/2017).

Gatot S. Dewa Broto. (foto: kemenpora.go.id)

Gatot S. Dewa Broto. (foto: kemenpora.go.id)

Di museum olahraga nasional yang baru tersebut, lanjut Gatot, tersaji konten-konten yang merupakan perjalanan sejarah prestasi olahraga yang dicapai oleh anak bangsa. “Namun, berbeda dengan museum yang ada saat ini, (nanti) akan lebih modern. “Akan lebih banyak dibantu dengan multimedia, sehingga display-nya menarik dan lebih modern,” ujarnya.

Gatot menginginkan, catatan tinta emas prestasi anak bangsa di dunia olahraga akan tersaji dengan apik di museum tersebut dan menjadi konsumsi bagi delegasi negara peserta Asian Games 2018 nanti. “Semoga apa yang disajikan nanti, menjadi konsumsi para atlet yang berlaga di Asian Games,” pungkasnya.

Di saat yang sama, di hadapan Humas Kementerian/Lembaga yang hadir, Kepala Museum Olahraga Nasional Kemenpora Herman Chaniago mengatakan, selain menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia juga dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games. Herman menjelaskan, target dari penyelenggaraan Asian Para Games yakni untuk menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara ramah terhadap kaum disabilitas.

Pada forum bertema Sosialisasi Museum Olahraga Nasional dan Gerakan Ayo Olahraga Dalam Upaya Publikasi dan Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Berolahraga di Indonesia tersebut, Herman mengatakan, saat ini Kemenpora sedang melakukan gerakan tematik agar minat masyarakat Indonesia dalam berolahraga meningkat, yakni gerakan #AyoOlahraga, dimana terdapat beberapa kegiatan di dalamnya, di antaranya Gowes Nusantara, Gala Desa, dan merekrut mantan atlet berprestasi sebagai Duta #AyoOlahraga. Agus/Berry