12
Okt

Kementerian Luar Negeri Optimis Mendapatkan SDM Berkualitas

Jakarta – Humas BKN, Berdasakan Quickcount kemarin, terdapat peserta seleksi CPNS pada Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang meraih passing grade tertinggi dengan score 483. Sehingga Kemlu optimis kuota SKB terpenuhi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Chalief Akbar  di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara pada Kamis (12/10/17).

“Kami yakin bahwa peserta yang lolos passing grade SKD ini dapat melebihi 40 % dari seluruh total peserta SKD,” ujar Chalief. “Peserta yang mengikuti SKD dengan CAT BKN pada Kemlu sebanyak 2.426 formasi pelamar umum, 105  formasi cumlaude dan 7 formasi putra putri papua,” terang Chalief.

Pada kesempatan itu Chalief Akbar menyampaikan bahwa tahapan perekrutan di Kemlu lebih ketat. Menurut Chalief  setelah peserta lulus SKD mereka akan melewati TKB yang terdiri dari beberapa tahapan sebelum melanjutkan ke tahap psikotest dan tes kesehatan. “Di dalam tahapan TKB terdapat tes Toefl yang syarat minimal score nya 550, lalu ada uji kemampuan Bahasa Arab, kemudian dilanjutkan ujian substansi dengan melakukan penulisan makalah essay dan wawancara langsung,” tutur Chalief.

Lebih lanjut Chalief Akbar menuturkan bahwa Kemlu tidak hanya merekrut CPNS tetapi menjadi Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN). “Tahun ini Kemlu membuka 70 formasi untuk PDLN dan 5 untuk Auditor, jadi totalnya sebanyak 75 formasi,” tambahnya. Chalief juga menyampaikan bahwa berdasarkan analisis beban kerja yang dilakukan Kemlu masih membutuhkan banyak PDLN. “Kami berharap dapat tambahan formasi 70 sampai 100 orang per tahun nya,” ujarnya. Pelaksanaan SKD CPNS Kemlu berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 11 & 12 Oktober 2017. Mal/Jul