skip to Main Content
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kepala BKN: ASN Harus Adaptif Hadapi Perubahan di Masa Depan

Ciawi – Humas BKN, Kepala BKN Bima Haria Wibisana kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara untuk selalu siap dan adaptif dalam segala perubahan teknologi yang berkembang. Hal tersebut disampaikan dalam Pembukaan Program Pengembangan ASN, Senin (22/2/2021) di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN, Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

“Dunia berubah dengan cepat. Profesi yang sekarang ini ada di dunia, 70% akan punah. Apalagi dengan adanya Covid-19, perubahannya akan lebih cepat,” tegas Bima. Situasi pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin banyak menggunakan teknologi secara masif. Hal demikian juga terjadi pada dunia birokrasi. Sistem Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) yang bisa berjalan dengan fasilitasi perangkat komunikasi dan teknologi secara nyata membuat efektivitas kerja ASN meningkat meskipun dengan jumlah personel terbatas. Dalam situasi pandemi, selain sistem WFH dan WFO, akan ada Work From Anywhere (WFA). “Apa tolok ukur kinerja ASN ke depan? Kehadiran sudah tidak mungkin. Kinerja dapat berupa output base atau project base.Dengan demikian, durasi kerja menjadi lebih efisien dan produktif,” jelas Bima.

Di bagian lain, Kapusbang kepegawaian Bajoe Lodie Hargono dalam pembukaan program tersebut menyatakan kondisi pandemi, berpengaruh pada penyelenggaraan pelatihan sebagai bagian dari program pengembangan kepegawaian ASN, yang bertransformasi menjadi pelatihan virtual/ online. mia

Back To Top