14
Apr

Kepala BKN Berpesan Niatkan Bekerja sebagai Bagian dari Ibadah di Bulan Puasa     

Jakarta-Humas BKN, Sebanyak 181 peserta baik dari lingkungan BKN dan masyarakat umum bergabung dalam Kajian Muslim Talk bertemakan Ramadan dan Etos Kerja yang diselenggarakan secara virtual, oleh Badan Pembina Kerohanian Islam (Babinrohis) BKN, Rabu (14/4/2021). Kepala BKN Bima H. Wibisana  bertindak selaku pembicara dalam kajian tersebut.

Kepala BKN Bima H. Wibisana menjadi pembicara dalam acara Kajian Muslim Talk dengan tema Ramadan dan Etos Kerja/dok:Mia

Pada kesempatan itu Kepala BKN  menyampaikan salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan dalam menjalani ibadah puasa adalah kesiapan rohani khususnya meluruskan niat dalam segala aktivitas yang kita lakukan di bulan Ramadan. “Apakah kita sudah menata niat yang baik di dalam bulan suci ini? Kegembiraan yang terpancar atas datangnya bulan Ramadan ini apakah sekadar karena ada peluang keuntungan ekonomi, misalnya, atau mencari pahala. Atau yang lebih dalam dari itu semua, mencari rida Allah. Seberapa sanggup kita untuk  menjernihkan niat bahwa dalam puasa ini kita bekerja sebagai bagian dari ibadah. Meningkatkan ibadah tanpa ujub dan pamer, gemar membantu orang lain baik di kantor maupun di masyarakat tanpa berharap imbalan,” tutur Bima.

Para jamaah tengah mengikuti Kajian Muslim Talk secara virtual/dok:Mia

Bulan Ramadan, sambung Bima,  merupakan bulan yang istimewa dan dirindukan oleh Rasulullah. “Rasulullah menampakkan kerinduan pada bulan Ramadan dalam doanya kepada Allah SWT ‘Wahai Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan’”. Dalam doanya tersebut, jelas Bima,  Rasulullah tidak hanya meminta berkah di bulan Ramadan, tapi juga memohon panjang umur dan diizinkan kembali oleh Allah untuk berjumpa kembali dengan Ramadan. mia