25
Jul

Kepala BKN Bima Haria Wibisana: Metode Assessment Center BKN Masih Tunjukkan Akurasi Tinggi

Manado – Humas BKN, Sedikitnya 153 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Instansi Pemerintah se-Wilayah Kerja Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado mengikuti kegiatan Penilaiaan Potensi dan Kompetensi dalam rangka penyusunan Talent Pool Nasional 2019. “Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi dengan metode Assessment Center dipilih karena metode ini hingga kini masih menunjukkan akurasi tertinggi,” ujar Kepala BKN, Bima Haria Wibisana saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (23/7/2019).

Bima melanjutkan, hasil penilaian potensi dan kompetensi ini selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun informasi kompetensi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mutasi atau promosi pegawai. “Kegiatan ini juga penting untuk dilaksanakan, sebagai dasar acuan program pengembangan dan training need analysis,” katanya.

Terakhir, Bima mengatakan bahwa proses menemukan talent tidak mudah, butuh proses dan waktu yang cukup panjang untuk mengetahuinya. “Proses assessment ini seperti mencari intan di tengah lumpur, perlu metode khusus untuk menemukan bakat-bakat terbaik,” tutupnya.

Di saat yang sama, Kepala Kantor Regional XI BKN Manado, Wakiran menyampaikan bahwa peserta berasal dari instansi terpilih yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam pelaksanaan dan pemanfaatan hasil penilaian kompetensi, termasuk upaya percepatan implementasi sistem merit. “Bahkan sebagian instansi yang terpilih mengikuti Talent Pool 2019, saat ini sedang dalam proses penilaian implementasi sistem merit oleh KASN,” terang Wakiran. “Kegiatan ini sangat membantu untuk mendorong percepatan implementasi sistem merit oleh instansi di wilayah kerja Kantor Regional XI BKN Manado,” tambahnya. bun/ber/kanregXIBKN