31
Mei

Kepala BKN: BKN Menjadi Salah Satu Instansi Pertama Pelaksanaan Pemetaan Pegawai

Jakarta-Humas BKN, Gaung rasionalisasi PNS saat ini kian menjadi perbincangan, dan komitmen pemerintah untuk melakukan pemetaan pegawai yang berkinerja buruk pun kian semakin menguat. Menyikapi pelaksanaan rasionalisasi ini, Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menyampaikan pidato pada Upacara Bendera Memperingati HUT Ke-68 BKN, Senin kemarin (30/05/2016) menjelaskan bahwa BKN akan menjadi role model dalam pelaksanaan pemetaan ini. Selain BKN, instansi lain yang juga menjadi target pemetaan adalah Kementerian PAN dan RB. Kepala BKN menjelaskan bahwa pelaksanaan pemetaan akan menggunakan rapid assessment untuk mendeteksi kompetensi dan juga kinerja pegawai, dan apabila formula yang digunakan bisa terlaksana dengan baik, maka  mekanisme pemetaan ini akan diterapkan secara nasional.
Menyikapi pelaksanaan pemetaan PNS tersebut, Kepala BKN menghimbau kepada pegawai BKN untuk dapat bekerja secara optimal, karena PNS akan dinilai pada dua hal, kompetensi dan kinerjanya. “Mudah-mudahkan tidak ada pegawai BKN yang terdeteksi berkompetensi rendah ataupun berkinerja buruk,” ungkap Kepala BKN.
Upacara Bendera yang dilaksanakan selain memperingati HUT Ke 68, juga sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Bertepatan dengan itu, juga diserahkan penyerahan SK Pensiun kepada 6 orang pegawai BKN Pusat, serta penyerahan penghargaan Lencana Satya Karyasatia secara simbolis kepada tiga pegawai  yang mendapatkan penghargaan 10, 20 dan 30 tahun. Adapun jumlah keseluruhan pegawai yang mendapatkan penghargaan itu sebanyaki 634 pegawai BKN yang meliputi Kantor Pusat dan juga Kantor Regional BKN. fhu