02
Des

KEPALA BKN: CIPTAKAN PATH ANDA SENDIRI!

Bogor-Humas BKN, Selamat kepada seluruh peserta Diklat Prajabatan CPNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) Angkatan 2015 Gol II dan III yang dinyatakan LULUS 100%. Harapannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama menjalani masa pelatihan tidak berhenti sampai di sini. Tugas Anda sekarang mengimplementasikan internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS ke dalam kerja nyata!

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana ketika menutup Pelatihan dan Pendidikan CPNS BKN 2015, Selasa (1/12) di Kampus Pusat Pengembangan ASN.

Masa Diklat yang berlangsung melalui sistem on-off Campus dijadikan sebagai media internalisasi hingga tahap aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS yang dikenal dengan istilah ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi).

Bima mengakui bahwa CPNS BKN 2015 menjadi angkatan pertama yang mengikuti Diklat Prajabatan Pola Baru, suatu pendidikan dan pelatihan yang tidak hanya membangun manusia andal dalam hard competency tetapi ikut membangun pondasi utama melalui soft skill.

‘’Kompetensi itu tidak hanya menyangkut hard skill, justru komponen penting yang perlu dimiliki SDM andal itu ada pada peran soft skill nya. Salah satunya dapat dibangun melalui high-self confidence, Anda harus memiliki courage untuk melakukan perubahan, gigih meskipun banyak kritik, berani ambil resiko dan bekerja ekstra untuk mencapai tujuan, dan jangan pernah malu mengakui kesalahan tetapi ingat untuk belajar dari kesalahan itu, ’’ ungkap Bima.

Bima mendorong seluruh CPNS BKN sebagai generasi pemimpin BKN ke depan untuk mulai merancang masa depan karirnya sejak dini.

“Anda harus mampu menciptakan path karir Anda sendiri, perjalanan karir seperti apa yang ingin dicapai hingga tahun-tahun ke depan, yang terpenting kenali kekuatan diri dan gunakan, fokuslah pada tujuan yang dibangun, dan jangan lupa challenge yourself dan jadilah role model di lingkungan kerja karena perubahan itu dimulai dari diri Anda, mulailah lakukan revolusi mental diri sendiri, ’’ pungkas Bima.

Deni Kurniadi, salah satu peserta Diklat, mewakili CPNS BKN 2015 mengutarakan cita-cita serupa, Deni berharap bahwa pembekalan nilai dasar profesi bagi CPNS menjadi titik awal menuju manajemen kepegawaian yang lebih baik, lebih profesional, dan lebih bermartabat.

‘’Mari kawan-kawan kita mulai mewarnai BKN, tetapi jangan sampai terwarnai dengan warna-warna suram, kita adalah penentu warna seperti apa BKN di masa mendatang. ’’ tandasnya. (desi)