21
Nov

Kepala BKN Dorong Mahasiswa PIK BKN Ikuti Perkembangan Teknologi Ciptakan Beragam Inovasi

Jakarta-Humas BKN, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah tidak bisa terelakkan dan mau ataupun tidak, kita dituntut untuk mengikuti perkembangannya. Keengganan mengikuti hal itu dalam pelayanan akan sangat dimungkinkan mendapatkan complain dari para penerima layanan khusunya generasi muda yang saat ini menuntut pelayanan yang serba cepat berbasis teknologi. Menyikapi hal itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mendorong para mahasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN untuk berpikir inovatif, merubah mindset dan terus mengikuti perkembangan teknologi informasidan komunikasi  guna meningkatkan pemberian pelayanan selaku Aparatur Sipil Negara. Hal itu disampaikan Kepala BKN saat memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa PIK angkatan VI,VII, VIII dan IX di Aula BKN Pusat Jakarta, Senin (21/11/2016).

Kepala BKN berpesan juga kepara para mahasiswa PIK BKN bahwa mengikuti perkembangan teknologi sudah menjadi tuntutan semua orang, bahkan kedepan sangat dimungkinkan berbagai inovasi dan kemajuan teknologi akan muncul dimana saat ini orang belum terpikir untuk membuatnya. “Karena dunia tidak mengikuti Anda, tetapi Anda harus mengikuti perubahan dunia,” jelas Kepala BKN.  Lebih lanjut Kepala BKN mengajak kepada para mahasiswa PIK BKN untuk membanggakan  dengan apa yang dimiliki negeri yang kaya ini serta ikut mengotpimalkan sumber daya yang ada. Hal ini dikarenakan appresiasi atas negeri ini banyak disampaikan oleh orang atau Negara lain, sementara kita sendiri banyak yang justru melecehkannya. Kepala BKN juga berpesan bahwa dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang ada, akan juga menimbulkan kekhawatiran, komplesitas serta ketidakpastian, untuk itu Kepala BKN berpesan agar menghadapi hal itu dengan memunculkan beragam inovasi-inovasi guna perbaikan di semua bidang.

Pada kesempatan itu, Kepala BKN juga mempertanyakan seberapa yakinkah para peserta akan aset terpenting sebuah organisasi, yakni sumber daya manusia. Selain itu, pembentukan teamwork dan tantangan yang dihadapi serta perkembangan talent management yang saat ini mulai mencuat juga disampaikan oleh Kepala BKN pada kuliah umum kali ini. Dalam menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan diri, Kepala BKN menegaskan bahwa pemahaman akan konsep yang disodorkan menjadi penentu mutlak kesuksesan suatu program. “Bukan masalah konsep semata, tetapi seberapa yakin kita dengan konsep yang kita sodorkan, seberapa kuat dalam mempertahankan konsep kita, kelincahan kita serta seberapa yakin kita untuk mempertahankan keyakinan menjadi sesuatu yang berharga,” tegas Kepala BKN.

Selain Kepala BKN, para mahasiswa PIK BKN pada kuliah umum kali ini juga mendengarkan pemaparan dari Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN Ahmad Jalis. fhu