19
Mar

Kepala BKN Hadiri Penyerahan SK 423 CPNS Kaltara

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menghadiri acara penyerahan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (foto: bal)

Tanjung Selor-Humas BKN, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menghadiri acara penyerahan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 423 CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (19/3/2018) di Kantor Gabungan Dinas Pemprov Kaltara.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto, Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara beserta jajarannya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kaltara dan sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kaltara.

Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, Kaltara merupakan satu-satunya daerah yang membuka formasi CPNS pada Tahun Anggaran (TA) 2017 lalu. Sebagai daerah pemekaran baru, rekrutmen CPNS 2017 merupakan kali yang kedua dilakukan setelah merekrut  250 CPNS pada kali pertama pada TA 2014 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPSDM Kaltara, Suriansyah menyatakan bahwa setelah penyerahan SK, para CPNS Pemprov Kaltara tersebut akan segera mengikuti latihan dasar CPNS yang akan diselenggarakan menyebar di tiga wilayah, meliputi: Bulungan, Malinau dan Nunukan. Suriyansah menambahkan bahwa rencananya mereka akan dipecah ke dalam 11 kelompok dengan masing-masing peserta sebanyak 40 CPNS.

Butuh Pegawai

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kaltara Irianto mengatakan saat ini Kaltara masih membutuhkan banyak pegawai. “Saat ini di lingkungan Pemprov Kaltara sudah terdapat 3.504 orang PNS, sementara kebutuhan ideal PNS di Pemprov tersebut yakni 6.000 PNS. “Sehingga berdasarkan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), kita masih membutuhkan 2.700 pegawai lagi agar memenuhi kebutuhan ideal,” ujar Irianto Lambire.

Irianto Lambire juga menyampaikan bahwa persentase belanja pegawai di lingkungan Kaltara tidak lebih dari 30 % APBD setiap tahunnya. “Bahkan untuk tahun 2018 ini, persentase belanja pegawai pada postur APBD Kaltara hanya sebesar 26 % saja,” tegas Irianto Lambire. bal