07
Sep

Kepala BKN : Hadirnya UPT BKN Dapat Meningkatkan Objektivitas dan transparansi Seleksi

upt serang_o

Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menandatangai prasasti peresmian Gedung UPT BKN Serang, Banten. (Mia)

Serang-Humas BKN, Hadirnya kantor Unit Penyelenggaraan Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara BKN di Kota Serang, Banten diharapkan dapat benar-benar dimanfaatkan untuk melayani masyarakat serta untuk pelayanan ASN di Provinsi Banten dan bukan sekedar menggugurkan kewajiban tapi  lebih banyak memberikan manfaat yang lain, yakni dapat memberikan rasa objektivitas dari masyarakat meningkatkan transparansi  dan akuntabilitas baik itu promosi ataupun pengembangan PNS yang bersangkutan. Hal itu disampaikan Kepala BKN saat memberi sambutan peresmian Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN di Serang pada Rabu, (7/9/2016) di Pendopo Kompleks Kantor Pemerintah Provinsi Banten. “Kita ingin proses seleksi Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan-red) itu bener-bener transparan sehingga tidak ada tuduhan lagi bahwa baperjakat hanya mengandalkan kedekatan dan doa saja,” jelas Kepala BKN.

Kepala BKN juga mengharapkan bahwa dengan penilaian  kompetensi ini akan memastikan merit system dapat dilaksanakan. Dengan merit system ini diharapkan pegawai yang berpotensi, berprestasi dan berkinerja baik mendapatkan penghargaan yang sesuai, dan begitu pula sebaliknya.  Dengan menggunakan merit system ini juga diharapkan dapat menghilangkan unsur kedekatan ataupun senioritas dan menjadikan hal itu tidak relevan lagi. Unsur-unsur yang kemudian digunakan adalah kinerja, potensi, kompetensi dan integritas yang dilandasi objektivitas , transparansi serta akuntabilitas pegawai.

sekda

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta. (mia)

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta menyatakan bahwa keberadaan UPT BKN ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada ASN di Banten. Sekda Provinsi Banten juga berharap bahwa kedepan di Provinsi Banten bukan hanya UPT BKN, tetapi dapat meningkat menjadi Kantor Regional BKN Banten. Sekda Provinsi Banten juga berharap agar keberadaan UPT BKN dapat mensinergikan dan menunjang program kerja yang dilaksanakan di Provinsi Banten.

UPT BKN  Serang menjadi UPT ketiga setelah sebelumnya diresmikannya UPT BKN Jambi dan UPT BKN Semarang. UPT BKN di Serang ini berlokasi di Jalan KH. Sochari Nomor 40 Kota Serang Banten. Fhu/mia