04
Nov

Kepala BKN Ikut Menilai Peserta Anugerah ASN 2019 Kategori PNS Inspiratif

Jakarta – Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana sebagai salah satu tim juri dalam Anugerah ASN 2019 melakukan penilaian terhadap 5 (lima) ASN yang masuk dalam nominasi kategori PNS Inspiratif yang berasal dari beberapa Kementerian/Lembaga pada Senin, (4/11/2019) di Kantor KemenPANRB Jakarta. Adapun penilaian hari ini merupakan tahapan presentasi dan wawancara dari seluruh rangkaian penilaian Anugerah ASN usai dilakukannya seleksi administrasi dan verifikasi lapangan.

Dikutip dari pemberitaan KemenPANRB 24 September 2019, Anugerah ASN merupakan ajang apresiasi yang diselenggarakan KemenPANRB untuk memotivasi ASN agar meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Hal ini sejalan dengan visi kenegaraan Presiden Jokowi dalam sektor pengembangan SDM untuk mencetak ASN yang unggul. Ajang Anugerah ASN sendiri sudah digelar sejak tahun 2017 dan kini memasuki tahun ketiga penyelenggaraan.

Anugerah ASN terdiri dari tiga kategori, yakni PNS Inspiratif, PPT Teladan, dan The Future Leader. Pada tahun ini, tercatat sebanyak 721 usulan ASN diusulkan dari 177 instansi pemerintah pada kategori PNS Inspiratif, kemudian sebanyak 274 usulan ASN dari 72 instansi pemerintah di kategori The Future Leader, dan terdapat 56 usulan ASN dari 32 instansi pemerintah untuk kategori PPT Teladan.

Beberapa peserta Anugerah ASN yang hari ini mengikuti presentasi dan wawancara berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kepolisian Sektor Brebes, dan Kementerian Kesehatan. Salah satu peserta bernama Antonius Oktavian Ibo Ilambra, PNS di Kemenkes wilayah Jayapura misalnya mempresentasikan inovasinya di bidang kesehatan yang ia sebut dengan Rumah Sobat (Rumah Siap Obat dan Bekali Orang Kusta Ketrampilan) dan Cinta Sobat (Cari dan Temukan Kusta dan Obati). dey/des/arya