25
Okt

Kepala BKN jadi Co-Host The 40th International Congress on Assessment Center Methods

aris

Kepala Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) Aparatur Sipil Negara (ASN), Aris Windiyanto. Doc humasbkn

 

Undang-Undang Nomor 5 tahun 2016 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) memberikan kewenangan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pembina dan penyelenggara penilaian kompetisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan kewenangan itu, BKN menjadi pembina Assessment Center (AC) yang didirikan oleh instansi pemerintah.

Terkait hal tersebut, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) Aparatur Sipil Negara (ASN), Aris Windiyanto mengatakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana akan menjadi co-host sekaligus salah satu pembicara dalam Kongres Metode Assessment Center Internasional ke-40 (The 40th International Congress on Assessment Center Methods (ICACM))  yang akan berlangsung pada 25-28 Oktober 2016 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Kepala BKN rencananya akan menyampaikan paparan dengan tema  “Assessment Center for Global Competitive Indonesia  Civil Servant” pada Kamis 27 Oktober 2016 mulai pukul 08.30 WITA hingga pukul 09.30 WITA.

Selaku pembina Assessment Center di instansi pemerintah, BKN menyelenggarakan sejumlah kegiatan di antaranya menyusun akreditasi kelembagaan Assessment Center, menyelenggarakan pendidikan dan latihan (Diklat) Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) asesor dan menyusun petunjuk teknis (juknis) penyelenggaraan penilaian kompetensi ASN. Dalam pelaksanaan kerjanya Pusat Penilaian Kompetensi ASN (AC BKN) selama ini telah dipercaya sejumlah instansi untuk melakukan penilaian kompetensi ASN sepanjang tahun 2016 ini (per data 7 Oktober 2016) sebanyak 29 instansi telah mempercayakan AC BKN sebagai pelaksana penilaian kompetensi untuk berbagai tujuan di antaranya promosi ASN dan pemetaan jabatan.

Sebagai tambahan informasi, Kongres Metode Assessment Center kali ini akan mengusung tema “Building the Next Generation Leadership”. Dalam kongres ini peserta akan mendapatkan pengetahuan lebih dalam terkait metodologi assessment center, di antaranya dalam penggunaan nyata assessment center di sektor swasta maupun pemerintah, dampaknya dalam budaya dan gender, terobosan penelitian, akses kepada para pimpinan, akademisi, dan praktisi ternama dalam industri assessment center, serta cara terbaik (best practices) untuk mentranformasikan ide-ide hebat menjadi hasil yang bermanfaat.dep