23
Okt

Kesesuaian Passion dengan Formasi Tambah Percaya Diri Peserta Seleksi CPNS Hadapi Ujian

Jakarta – Humas BKN, Senin (23/10/2017) serombongan pemuda dan pemudi berpakaian putih-hitam keluar dari Gedung II lantai 8 Kantor Pusat BKN selepas mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Senyum sumringah tampak di wajah seorang peserta, Opik, yang ternyata sukses memenuhi passing grade (PG) SKD. “Batan membuka formasi yang sesuai dengan passion saya di bidang Fisika dan itu membuat saya percaya diri memilih formasi Pranata Nuklir hingga percaya diri juga mengikuti SKD. Alhamdulillah saya lolos PG.,” tutur Opik dengan wajah cerah.

Bagi Opik, kesesuaian antara pekerjaan yang akan dia lakoni dengan passion yang dia miliki jadi salah satu kunci ia nantinya akan menikmati pekerjaan yang dia jalani. “Bismillah, semoga saya bisa menjalani tahap selanjutnya dengan baik dan keturutan bisa menjadi PNS Pranata Nuklir,” ujarnya berbinar.

Selain passion, pemilihan formasi di Kementerian yang sesuai dengan bidang akademik juga menambah kepercayaan diri para peserta seleksi CPNS dalam menghadapi ujian. “Saya memilih formasi Analis Perundang-undangan karena sesuai dengan bidang akademik saya yaitu Hukum tata Negara, maka dari itu saya percaya diri untuk mengambil formasi ini dan menjalani rangkaian tes CPNS,” ujar William peserta SKD Mahkamah Konstitusi yang juga lolos PG SKD dalam ujian yang juga digelar Senin (23/10/2017).

Senada, Rianti peserta SKD dari Batan menuturkan “Formasi Fisika dan Teknologi Reaktor itu sesuai dengan basic akademik saya yakni Fisika Radiasi. Maka dari itu saya memilih formasi tersebut di Batan. Di samping itu tugas akhir yang saya buat juga berkaitan dengan Reaktor Nuklir. Saya melihat ada peluang besar di depan mata sebagai CPNS. Doakan lancar ya,” ujarnya penuh harap. Rianti juga menjadi salah seorang peserta yang sukses lolos passing grade SKD.

Selamat ya teman-teman semua, semoga kesesuaian passion dan background akademik dengan formasi yang kalian pilih, menjadi penyemangat kalian untuk terus siap tempur menjalani rangkaian seleksi CPNS. mal/shel