18
Jan

Kominfo “Gandeng” CAT BKN dalam Uji Kompetensi

Sekjend Kominfo

Sekretaris Jenderal Kominfo Farida saat memberikan penjelasan tahapan-tahapan dalam mengikuti uji kompetensi. MKH

Jakarta-Humas BKN, CAT BKN kembali dipercaya oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk melakukan uji kompetensi Pimpinan Tinggi Pratama pada Selasa, (17/1) di ruang Auditorium Pusat TIK Nasional, Tangerang.

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto dalam memberikan pengarahan ujian mengatakan ujian kompetensi ini merupakan pemetaan jabatan, bukan ada istilah lulus atau tidak lulus, untuk melihat potensi dan kompetensi dari masing-masing peserta.

“Karena PNS itu harus berdasarkan merit sistem, put the right men on the right place. Jadi, apakah sesuai dengan kompetensi yang kita punya dengan kompetensi jabatan yang ada. Nah, ini yg namanya pemetaan sehingga biasanya konsekuensi dari pemetaan akan ada rotasi agar jabatan kita yg sekarang kita miliki sesuai dengan jabatan yg kami miliki. Jadi, dengan tes ini kita ingin mendapatkan orang-orang yang memiliki kompetensi yang paling tinggi dan potensi yang tinggi,” papar Iwan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kominfo Farida Dwi Cahyarini menjelaskan dalam sambutannya untuk tes CAT BKN materi dasar atau umum, yaitu 30% kompetensi umum, meliputi UU ASN, reformasi birokrasi, kebijakan publik, kode etik, pelayanan publik, lalu ada kompetensi dasar bahasa Inggris dan kemudian kompetensi inti 50%, yaitu tugas pokok yang biasa peserta lakukan. Tentunya masalah renstra, SOTK, juga beberapa UU ITE, UU telekomunikasi, UU KIP, dan teknologi terkini.

“Hasil Kompetensi ini nanti disimpan ke dalam database sebagai pertimbangan nantinya,” ujar Farida.

Ujian kompetensi yang dilakukan  terhadap 37 orang ini juga diikuti dari Pusat dan daerah. Akan tetapi, 7 orang nanti mengikuti susulan. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Bajoe Loedi Hargono dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Heri Susilowati. des/mk