27
Agst

Komisi II DPR Dukung Usulan Penambahan Anggaran BKN Tahun 2020 Sebesar 141.126.282.000 Dibahas di Banggar

Tangerang – Humas BKN, Usulan penambahan pagu anggaran BKN tahun 2020 yang disampaikan pada Trilateral Meeting pada 15 Mei 2019 disepakati oleh Komisi II DPR RI untuk selanjutnya dibawa pada pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPR. Adapun beberapa program kerja BKN yang termasuk dalam usulan tambahan anggaran tersebut di antaranya seperti pengembangan sistem merit, pembangunan sistem informasi ASN terintegrasi, dan pembangunan sistem berbagi pakai untuk pengawasan dan pengendalian pelaksanaan NSPK, serta pembangunan kantor UPT BKN Gorontalo.

Sejumlah indikator dan outcome program utama BKN tahun 2020 dipaparkan kembali oleh Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf dalam pembahasan lanjutan Rencana Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (RAPBN) bersama BKN, KemenPANRB, dan KASN yang berlangsung pada Selasa, (27/8/2019) di Tangerang. Secara spesifik Sestama BKN menjelaskan 16 outcome turunan dari program prioritas BKN 2020. Mulai dari survei indeks profesionalitas ASN, pembangunan database talent, data ASN akurat dan kompherensif, sampai penerapan sistem informasi e-Kinerja ASN terintergasi menjadi bagian dari capaian kinerja BKN pada tahun berikutnya.

Mengenai data ASN terintegrasi, Sestama BKN sudah menyampaikan gambaran program prioritas BKN ini pada pertemuan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI pada 27 Juni. Program ini merupakan mandat yang diberikan kepada BKN sesuai Peraturan Presiden Nomor 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia. des