19
Okt

Kompetensi Merupakan Unsur Utama Menempatkan Pegawai dalam Jabatan

Jayapura – Humas BKN, Sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pengembangan karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus dijalankan berdasarkan sistem merit. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura Paulus Dwi Laksono saat membuka kegiatan Pemetaan Kompetensi Jabatan Fungsional Umum Berbasis CAT-BKN bagi PNS di wilayah provinsi papua, di Kantor Regional IX BKN Jayapura, Kamis (18/10/2018).

Lebih lanjut, Paulus mengatakan jika berbicara bicara sistem merit, berarti bicara tentang kompetensi.  “Jadi dalam sistem merit, kompetensi merupakan unsur utama saat akan menempatkan seorang pegawai  dalam suatu jabatan maupun saat akan mempromosikan ke suatu jabatan yang lebih tinggi. Sehingga tidak ada lagi istilah like atau dislike dalam menempatkan seorang PNS,” ujarnya. Paulus berharap, “Marilah hendaknya kita mulai lakukan perubahan terhadap pengelolaan manajemen ASN di tanah Papua ini agar lebih baik, sehingga segala sesuatunya menjadi lebih transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Di saat yang sama, Ketua Penyelenggara kegiatan tersebut,  Helfiana Siregar mengatakan jika kegiatan yang diselenggarakan di Kantor  Regional IX BKN Jayapura tersebut diikuti sedikitnya oleh 2370 PNS dari 15 Instansi kab/kota di wilayah Provinsi Papua. ber