28
Jul

KSP : BKN Instansi Terbaik Pengelola Laporan Masyarakat

 20280369_1039558172842478_8826383585476991868_o

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi salah satu instansi terbaik dalam pengelolaan laporan masyarakat melalui penggunaan aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Kantor Staf Presiden (KSP). Hal itu disampaikan Praktisi KSP Mas Muhammad Gibran Sesunan saat menjadi pembicara pada Rapat Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat BKN di Kantor Pusat BKN, Kamis (28/7/2017).

20449015_1039558102842485_8463052323890631473_o

Gibran mengungkapkan, pada periode 2015 hingga 2017, dari 2117 laporan yang masuk, BKN telah menyelesaikan 90%. (foto: geng)

Lebih lanjut, Gibran mengungkapkan, pada periode 2015 hingga 2017, dari 2117 laporan yang masuk, BKN telah menyelesaikan 90%, itu artinya BKN sebagai Lembaga Pemerintah non–Kementerian, sudah merespons laporan masyarakat dengan baik.

“BKN menjadi salah satu yang terbaik dalam penggunaan aplikasi Lapor!. Apresiasi KSP untuk BKN karena telah mengimplementasikan nawa cita kabinet kerja,” ujarnya.

Di saat yang bersama, praktisi dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Evy Trisulo mengatakan jika saat ini, pelayanan laporan dapat berupa aduan dan permohonan informasi, untuk itu, keduanya tidak bisa dipisahkan.

20287114_1039558039509158_4429650445157337198_o

Evy mengatakan pelayanan laporan dapat berupa aduan dan permohonan informasi. (foto: geng)

Evy mengingatkan, untuk lebih mengoptimalisasi pelayanan pengaduan masyarakat di BKN, ada 3 (tiga) hal yang perlu diingat, yakni kepentingan publik, penyelenggaraan, dan ketahanan nasional.

“Selain itu, kewajiban BKN sebagai Badan Publik adalah mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi dan menyediakan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan. Itu harus selalu diingat,” jelas Evy.

Pada Rapat Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat yang dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Mohammad Ridwan tersebut, juga diadakan diskusi oleh peserta yang berasal dari seluruh pengelola aplikasi Lapor! dan pengelola pengaduan masyarakat pada Kantor Pusat dan Regional BKN. Berry