23
Sep

Kuliah Kerja Komunikasi, Mahasiswa Unsa Kunjungi BKN

Rombongan Mahasiswa UNSA berfoto bersama dengan pegawai BKN. (foto: mia)

Rombongan Mahasiswa UNSA berfoto bersama dengan pegawai BKN. (foto: mia)

Jakarta-Humas BKN, Puluhan mahasiswa dari Universitas Surakarta (Unsa), Kamis (22/9/2016) mengunjungi Kantor Pusat BKN Jakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka realisasi kuliah kerja komunikasi yang menjadi bagian mata kuliah yang dipersyaratkan dalam kelulusan sebagai sarjana strata satu (S1).

Pada kesempatan itu mereka ditemui oleh sejumlah pejabat BKN di antaranya yakni kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, Herman, Kasubdit Perancangan Peraturan Perundang-undangan Bidang Pembinaan Karir dan Disiplin Pegawai ASN, Dedi Herdi, Kepala Seksi Penyusunan Perancangan Peraturan Perundang-undangan Bidang Pembinaan Karir, Achmad Aniq Kasubbid Sertifikasi dan Pelaporan Seleksi, Afriani dan Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Seleksi Yudhantoro Bayu Wiratmoko.

Para mahasiswa mendapat penjelasan mengenai tugas dan fungsi BKN, pelaksanaan manajemen PNS, regulasi di bidang kepegawaian dan tata cara kehumasan dalam mempublikasikan kebijakan kepegawaian. Selain itu, para mahasiswa juga berkesempatan mengikuti simulasi tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Achmad Aniq menjelaskan bahwa peraturan teknis mengenai P3K. (foto: mia)

Achmad Aniq menjelaskan bahwa peraturan teknis mengenai P3K. (foto: mia)

 

Saat sesi tanya jawab, salah seorang peserta sempat menanyakan mekanisme rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dari unsur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Menjawab itu Achmad Aniq menjelaskan bahwa peraturan teknis mengenai P3K hingga kini belum terbit. “Namun yang pasti rekrutmen P3K bertujuan untuk menghadirkan sosok-sosok berkemampuan tinggi yang keahliannya tidak dimiliki oleh PNS-PNS yang ada di birokrasi. Ikatan kerja P3K bersifat kontrak untuk jangka waktu minimal satu tahun,” jelas Aniq.dep