19
Nov

Lagi, STIS Percayakan CAT BKN

stis

Para Peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) di Stasiun CAT BKN Pusat (foto: Mia)

Jakarta-HumasBKN, Sebanyak 408 peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) di Stasiun CAT BKN, Rabu (18/11/2015). TKD tersebut dimaksudkan sebagai syarat untuk mengikuti ikatan dinas. Pembimbing dari Badan Pusat Statistik (BPS) Nurbaeti dan Maya mengatakan sudah ketiga kalinya STIS menjalani TKD di BKN.

Menurut Nurbaeti, tes dengan menggunakan CAT BKN dinilai fair. Karena, hasil tes sangat transparan—hasil tes dapat dilihat secara langsung, serta tidak ada unsur KKN dalam proses seleksinya. Cat BKN juga merupakan pembuktian dari hasil belajar yang telah dilakukan oleh peserta STIS karena tes yang terdiri dari TWK, TIU dan TKP ini bisa melihat kemampuan peserta.

Perlu diketahui, peserta yang lolos tes tersebut nantinya akan memangku Jabatan Fungsional Statistisi dan akan ditempatkan di kabupaten seluruh Indonesia. TKD yang dilaksanakan selama sehari tersebut dibagi menjadi 5 sesi dan tiap sesi terdiri dari 82 orang peserta.

Peserta TKD, Anis dan Anisa mengaku lega telah selesai melalui tes. Mereka mengaku sebelumnya telah mempelajari soal-soal TKD di buku-buku yang banyak dijual di toko buku. Alhasil, dengan mengetahui contoh-contoh soal yang telah dipelajari sebelumnya, mereka lolos dengan hasil memuaskan, yaitu 387 dan 384. Mia