25
Apr

Lakukan Benchmark Manajemen Kepegawaian, Delegasi Afganistan Kunjungi BKN

Jakarta-Humas BKN, Untuk kesekian kali, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerima kunjungan delegasi dari negara sahabat yang melakukan BenchmarkManajemen Kepegawaian. Kali ini, Afghanistan merupakan negara yang menjalin kerjasama dan saling bertukar pengalaman tentang berbagai aspek kepegawaian. Delegasi Afganistan ini diterima Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana di Ruang Data lantai 2 gedung I Jakarta,Kamis (24/4). Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto, Kepala Bagian Kerjasama Antar Lembaga Hardianawati, Kepala Subbagian Kerjasama Luar Negeri Janry Haposan UP Simanungkalit, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai Achmad Slamet Hidayat dan para pejabat lainnya.

afga12

Tengah berlangsung, diskusi kepegawaian antara delegasi Afganistan dengan para pejabat BKN

Bima Haria Wibisana menegaskan bahwa upaya BKN untuk konsisten melaksanakan Reformasi Birokrasi di bidang kepegawaian telah menampakkan hasil yang menggembirakan. “Upaya ini antara lain adalah meluasnya pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) dan Assesment Centre oleh berbagai instansi pemerintah,”terangnya.

Dijelaskan pula bahwa salah satu komitmen BKN adalah membenahi proses seleksi dan rekrutmen CPNS yang amat berpengaruh terhadap kualitas SDM pegawai. Untuk itulah, diperlukan komitmen Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) agar proses ini berlangsung bersih, transparan dan obyektif. “Pada penerimaan CPNS 2013 lalu, CAT digunakan 73 instansi pemerintah pusat dan daerah. Untuk penerimaan CPNS tahun ini, pemanfaatan CAT diperkirakan akan bertambah,”ucapnya.

afgan99999

Waka BKN Bima Haria Wibisana (berbatik) memberikan suvenir kepada Delegasi Afganistan

Terkait penggunaan Assesment Centre untuk memetakan potensi pegawai, Bima menggarisbawahi pentingya komitmen dan dukungan para pimpinan dalam mewujudkan PNS yang mumpuni di bidangnya. “Jadi, hasil penilaian kompetensi yang dilakukan tim assessor (penilai) perlu menjadi pertimbangan utama dalam mengangkat seorang pegawai dalam jabatan tertentu,”pungkasnya.

Dalam kunjungan ini, berlangsung diskusi dan pembahasan antara pejabat BKN dengan Afganistan mengenai berbagai aspek kepegawaian yang dilakukan masing-masing negara. Setelah itu, delegasi Afganistan melakukan visitasi dan simulasi terhadap fasilitas dan metode CAT. (aman-kiswanto)