skip to Main Content

Lakukan Uji Keterbacaan Soal, Pemerintah Pastikan Keadilan Bagi Peserta Seleksi Sekdin 2022

Dok. Ber

Jakarta – Humas BKN, Jelang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan (Sekdin), Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan Rapat Koordinasi bersama dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) tentang Uji Keterbacaan Soal SKD CASN Tahun 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (22/5/2022). Uji keterbacaan soal merupakan salah satu langkah mitigasi pemerintah dalam menghadirkan seleksi yang adil bagi peserta. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windiyanto saat membuka kegiatan tersebut, Senin (23/5/2022).


Lebih lanjut, Aris bercerita tentang pengalaman pemerintah saat kali pertama menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 dan 2014 yang lalu. “Saat itu soal yang disajikan pada sistem CAT belum melalui tahapan uji keterbacaan soal yang ideal, sehingga ada saja isu yang muncul saat pelaksanaan seleksi berlangsung,” terangnya. “Hingga saat ini, ketika tahapan uji keterbacaan soal ini dilakukan dengan berbasis pada mitigasi risiko, dari sisi keterbacaan soal, isu yang muncul semakin minim,” tambahnya.

Terakhir, Aris menggarisbawahi tentang pentingnya tersaji soal yang sempurna saat pelaksanaan seleksi, karena hal tersebut berdampak pada keadilan bagi peserta seleksi. “Meskipun hanya 1 soal, namun hasil akhirnya tidak sesederhana itu, karena akan berdampak pada ranking hasil seleksi peserta. Untuk itu, pemerintah harus memastikan keadilan bagi seluruh peserta seleksi,” tutupnya.

Pantauan Humas BKN di lokasi, tahapan proses teknis uji keterbacaan soal SKD CASN 2022 sangat kompleks sesuai kaidah keamanan yang terbaru dan dilakukan secara bersama-sama dengan Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Panselnas.

Penulis: ber

Editor: dep

Back To Top