16
Sep

Mari Dukung dan Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Jakarta-Humas BKN, Dalam melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Badan Pusat Statistik harus melaksanakan tiga sensus, yakni Sensus Penduduk, Sensus Ekonomi dan Sensus Pertanian. Sebagai pengemban amanat ini, pada tahun 2016, BPS akan melaksanakan Sensus Ekonomi yang merupakan upaya mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian. Hal ini diharapkan dapat dijadikan sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Dalam upaya mempersiapkan akan SE2016 tersebut, BPS telah melakukan berbagai langkah persiapan dan sosialisasi, salah satunya dengan mengadakan Forum Tematik Bakohumas yang dilaksanakan di Gedung I lantai 10 Kantor Pusat BPS, Senin (14/9). Acara yang bertemakan “Sensus Ekonomi 2016, , Menyediakan Informasi terhadap Pengembangan Usaha dan Daya Saing Bangsa” dihadiri oleh para anggota Bakohumas termasuk Humas BKN. Pada kesempatan itu, Kepala BPS Suryamin menyampaikan bahwa pelaksanaan SE berbeda dengan sensus yang lain karena adanya tingkat sensifitas dari para pebisnis untuk memberikan informasi yang benar berkaitan dengan ekonomi masyarakat. “Oleh karenanya, perlu adanya pendekatan dari sisi establishment pebisnis dan juga sisi trusthold,” jelas Suryamin.

Adapun sektor-sektor yang didata pada SE2016 ini adalah sektor pertambangan, industri, listrik, gas dan air bersih, konstruksi, perdagangan, restoran, komunikasi, keuangan dan jasa jasa. Info selengkapnya tentang SE2016 dapat dibuka di http://bps.go.id/. fuad/astri/rita