26
Nov

Memperingati HUT ke-48 Korpri, BKN Gelar Penyuluhan Kesehatan Mata

Jakarta-Humas BKN, Korps Pegawai Republik Indonesia Badan Kepegawaian Negara (Korpri BKN) menggelar acara Penyuluhan Kesehatan Mata di Kantor Pusat BKN, Jakarta pada Selasa (26/11/2019). Penyuluhan kesehatan tersebut merupakan acara pembuka yang mengawali peringatan HUT ke- 48 Korpri yang diselenggarakan oleh BKN.

Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Muhammad Ridwan menyampaikan bahwa pergeseran model pekerjaan juga menyebabkan pergeseran pola penyakit, salah satunya terjadi pada mata. Padahal, mata adalah bagian penting dari segala kegiatan manusia terutama dalam menjalankan tugas kantor. “Oleh karena itu perlu penanganan dini guna menjaga kesehatan mata agar dapat mengantisipasi dan menjaga agar kesehatan mata tidak kian memburuk,” ujarnya.

Ahmad Syidad Faruk selaku Product Development Kasoem Vision Care memaparkan bahwa ada beberapa jenis kelainan penglihatan, seperti Miopia (rabun jauh), Hipermetropi (rabun dekat), Presbiopia (rabun dekat usia lanjut), dan Astigmatisma (silinder). Kelainan mata yang disebutkan disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yakni penggunaan perangkat digital yang terlalu lama. “Untuk mencegah kelainan mata yang diakibatkan penggunaan perangkat digital, dianjurkan 20 menit setelah menggunakan gadget wajib mengistirahatkan mata dan melihat benda jauh sepanjang 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik,” ujarnya.

Salah satu pengunjung penyuluhan kesehatan yang merupakan pegawai BKN, Daud Pujianto mengatakan bahwa acara ini menambah informasi agar lebih menjaga mata terutama dengan penggunaan gadget. “Kami mendapatkan informasi untuk tetap menjaga mata yang terlalu sering menggukan gadget agar menjaga mata tetap seha,” ujarnya. ismi/karrel/kaw