11
Agst

Menpan RB Asman Abnur Membuka TKD Calon Taruna Program Pembibitan STTD

Jakarta-Humas BKN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur didampingi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan Ketua Sekolah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Zulmafendi membuka pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD), Selasa (9/8/2016).

Sebanyak 44 calon taruna (catar) Program Pembibitan atau dulu disebut Program Ikatan Dinas, yang mengikuti seleksi di Kampus STTD mengikuti TKD ini. Mereka berasal dari seluruh daerah di Indonesia, yang merupakan wakil dari daerahnya dan diseleksi melalui Dinas Perhubungan (Dishub). Mereka itulah yang kemudian mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) di STTD,

Menpan RB menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta TKD catar STTD. (foto: ita)

Menpan RB menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta TKD catar STTD. (foto: ita)

Menpan RB menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta TKD catar STTD. “Kalian adalah putra-putri terbaik dan utusan dari daerah masing-masing. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian dan kerjakan semua soal-soal TKD di BKN ini dengan baik untuk mendapatkan hasil maksimal,” kata Menpan RB Asman Abnur mengawali sambutannya di depan 44 peserta TKD yang juga calon taruna (catar) Program Pembibitan di STTD itu.

TKD, menurutnya, bukan hanya menjadi syarat bagi setiap taruna pembibitan. Tapi juga calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tanah Air. “Jika kalian sudah lulus TKD, kemudian mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) di Kampus STTD, maka proses untuk menjadi PNS tinggal selangkah lagi. Kalian sudah lulus TKD yang merupakan tahapan awal sebelum menjadi PNS,” kata Asman Abnur.

Menpan RB tak lupa mengajak seluruh peserta TKD yaitu catar pembibitan STTD untuk mengawali tugas ini dengan membaca doa bersama. “Sebagai umat beragama, mari kita mengawali TKD ini dengan membaca doa sesuai agama dan keyakinan masing-masing,” pinta Asnan Abnur.

Usai membuka TKD, Menpan RB Asman Abnur disampingi Kepala BKN dan Ketua STTD Zulmafendi sempat melihat langsung fasilitas dan pelaksanaan TKD di Ruang CAT BKN itu. Menpan RB juga sempat bertanya berbagai hal terkait pelaksanaan TKD yang mulai berjalan itu.

Kampus STTD menggandeng BKN menggelar TKD, sebagai prasyarat bagi catar Program Pembibitan bahkan calon PNS di Tanah Air. “TKD dilakukan di ruang Computer Assisted Tes (CAT) BKD Jakarta, Selasa (9/8/2016). Dalam TKD ini diikuti 44 peserta calon taruna yang lolos Tes Tahap III bahkan mereka tinggal menunggu tes terakhir yang meliputi Tes Kesamaptaan dan Wawancara,” kata Ketua STTD Zulmafendi. SE, M.Sc kepada Beritatrans.com di sela-sela pelaksanaan TKD di BKN Jakarta, Selasa.

Menurutnya, TDK ini akan diikuti seluruh catar Program Pembibitan STTD tahun 2016. Selain di BKN Jakarta, tes serupa juga akan dilakukan di dua daerah lainnya, masing-masing di Pekanbaru, Riau dan Ambol Maluku. “Sesuai rencana, Rabu tanggal 10 Agustus 2016 dua daerah itu akan menggelar TKD serupa,” jelas Zulma, sapaan akrab dia.

Dikatakan, tahun 2016 ini Kampus STTD menargetkan akan menerima 300 taruna Program Pembibitan hasil kerja sama dengan Pemkab/ Pemkot di seluruh Indonesia. “Tapi, sampai tes kesamaptaan dan wawancara, jumlah mereka (catar program pembibitan) tinggal 186 orang. Mereka masih harus menunggu tes Pantokir (Pantauan Terakhir) Sipencatar BPSDM Perhubungan yang akan diumumkan Jumat 12 Agustus 2016 mendatang,” tandas Zulma.

Hadir dalam pelaksanaan TKD di BKN Ketua STTD Zulmafendi, Ketua Pogram Pembibitan STTD Purnama Yahya dan pejabat Kampus STTD lainnya. Selain itu, hadir pula beberapa pendamping dari daerah seperti Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Singkawang Kalimantan Barat (Kalbar) Sumastro dan Kabid Perhubungan Darat Dishub Singkawang Jarvid.

Selain itu juga beberapa orang tua atau wali catar Program Pembibitan yang mendampingi dan menunggu putra-putrinya di lobi kantor BKN Jakarta. Mereka tampak antusias menunggu jalannya TKD bahkan ramai-ramai menunggu hasil dan perolehan nilai TKD yang disampaikan secara online dan disiapkan layar lebar di lobi Gedung BKN. (beritatrans.com)