07
Jul

Menuju Implementasi SAP Berbasis Akrual

Jakarta-Humas BKN, Penyusunan laporan keuangan BKN (Badan Kepegawaian Negara) Semester I Tahun Anggaran 2015 diadakan pada hari Selasa (7/7) di Aula Lt.5 Gedung I BKN Pusat. Turut hadir Kepala BKN Bima Haria Wibisana membuka kegiatan yang dihadiri oleh peserta perwakilan dari seluruh wilayah Kantor Regional BKN.

Melalui kegiatan yang rencananya akan berlangsung hingga Jumat tersebut, implementasi penyusunan laporan keuangan pemerintah berbasis akrual dapat direalisasikan, di mana pencatatan transaksi dilakukan saat terjadinya pendapatan atau belanja walaupun kas belum diterima atau dikeluarkan.

Mengingat pelaporan keuangan berbasis akrual dapat menyediakan informasi seluruh kegiatan operasional pemerintah, evaluasi efisiensi dan ketaatan terhadap peraturan dengan berpijak pada Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Hal itu sejalan dengan amanat UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbedaharaan Negara pasal 12 dan 13 yang mencatat bahwa pendapatan dan belanja dalam APBN dicatat menggunakan basis akrual.

Ke depan, diharapkan proses penerapan SAP berbasis akrual dapat memberi qualified-impact terhadap perubahan tahap pencatatan dan pelaporan keuangan yang berdaya guna bagi instansi itu sendiri. Desi Sagala