24
Jun

Menuju Talent Pool JPT 2016

Jakarta-Humas BKN, Usai menggelar assessment terhadap 1.024 kandidat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator melalui program Talent Pool JPT 2015 yang diikuti instansi pusat dan daerah, BKN kini tengah mempersiapkan pelaksanaan Talent Pool JPT Tahun 2016 yang rencanannya akan diselenggarakan pada Agustus 2016 mendatang. Pelaksanaan program Talent Pool JPT sebagai Quick Wins BKN merupakan bagian dari langkah konkrit untuk menjamin ketersediaan database Aparatur Sipil Negara (ASN) JPT 2015-2019, sekaligus instrumen pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJMN) 2014-2019.

Sebagai langkah persiapan, BKN melakukan kerjasama dengan PT. Quantum HRM International dalam rangka gelar assessment kandidat JPT yang rencananya akan dilaksanakan di Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN BKN). Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menekankan peningkatan kualitas proses pelaksanaan Talent Pool JPT, mengingat program ini akan berkelanjutan. “Talent Pool JPT merupakan program strategis BKN, dari sisi klasifikasi teknis, diharapkan kerjasama BKN dan PT. Quantum HRM international membangun persepsi yang sama dalam pelaksanaan assessment,” ungkapnya dalam Kegiatan Penandatangan kerjasama BKN & PT. Quantum HRM International Rabu, (22/6) di Kantor Pusat BKN.

Sebelumnya, dalam persiapan menuju Talent Pool JPT 2016, Tim Assessment Center BKN berkerjasama dengan GIZ (Deutsche Gesellschaft for Internationale Zusammenarbeit) melakukan Lokakarya Model Kompetensi Manajerial untuk JPT ASN (16/6) di Hotel Sultan Jakarta. Pada lokakarya tersebut dibahas sejumlah proses penyusunan model kompetensi melalui  metode “top down” yang merujuk pada pustaka kompetensi dalam memberi kerangka pengembangan model kompetensi manajerial JPT.

Dalam paparannya pada Lokakarya tersebut, Kepala BKN menyampaikan bahwa model kompetensi manajerial JPT yang dikembangkan BKN sangat potensial digunakan sebagai model kompetensi manajerial JPT di seluruh Indonesia, untuk kebutuhan pemetaan/penyusunan database kompetensi JPT, maupun dalam proses “open selection” JPT seluruh Indonesia. (des)