13
Nov

MTQ IV KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 Upaya Nyata Pembinaan Rohani PNS

Jakarta-Humas BKN, Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Zudan Arif Fakhru mengatakan bahwa MTQ IV KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 merupakan upaya nyata pembinaan rohani PNS. Pernyataan tersebut disampaikan Zudan di sela-sela acara Semifinal Muhasabah Tilawatil Qu’ran (MTQ), Selasa (13/11/2018) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

“KORPRI itu salah satu tugasnya adalah membina ASN. Salah satu fungsi pembinaan PNS itu harus membina jiwa dan membina rohani,” ucap Zudan. Pembinaan rohaniah, lanjut Zudan yaitu pembinaan mental spiritual PNS yang ada. Tujuannya MTQ di kalangan Ummat Islam Anggota KORPRI tersebut adalah untuk membangun dan menjadikan PNS agar mampu menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai Alquran. “Lebih jauh diharpakan menjadikan PNS berprilaku akhlaqul karimah baik di luar maupun saat sedang menjalankan tugas,” pungkas Zudan.

Menanggapi pembinaan rohani PNS melalui MTQ, salah seorang peserta dari BKN Sopanudin menyampaikan bahwa denganmenjiwai AL-Quran menuntunnya untuk bekerja dengan ikhlas karena Allah dan Rosul-Nya menyaksikan. “Pekerjaan itu diniatkan sebagai ibadah sehingga dalam bekerja kita dapat menjalankan pekerjaan itu dengan benar, jujur dan sungguh-sungguh sebagai PNS,” ujar Sopanudin. “Ada Kata mutiara manjada wajjad. Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa,” pungkas Sopanudin.

Acara MTQ 2018 ini merupakan yang ke-IV kalinya digelar oleh Dewan KORPRI Nasional. Peserta MTQ KORPRI adalah PNS/anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Kementrian/LPNK/Provinsi, Pegawai pada PT TASPEN (Persero), BPJS Kesehatan dan BAPERTARUM-PNS (Tapera). Terdapat 5 cabang keseluruhan, yaitu cabang Tartil Al-Quran, Cabang Tilawah Al-Quran yang diselenggarakan pada hari ini, Cabang Hifzh Al-Quran, Cabang Dakwah Al-Quran, dan Cabang Khath Al-Quran. bal/din/bella/syafa