19
Agst

Mulai 1 September 2019, BKN Gunakan Aplikasi e-Perilaku 360 Derajat

Jakarta-Humas BKN, Dalam rangka menindaklanjuti amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mulai menerapkan penggunaan aplikasi untuk mengukur kinerja PNS di lingkungan BKN. Hal itu disampaikan Kepala Biro Kepegawaian BKN, Diah Kusuma Ismuwardani saat Kegiatan Sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS dan Aplikasi e-Perilaku di Kantor Pusat BKN Jakarta, Senin (19/8/2019).

“Khusus untuk penilaian perilaku kerja, efektif per 1 September 2019, BKN akan menggunakan e-Perilaku 360 derajat,” kata Diah. (Foto: kis)

Diah melanjutkan, pengukuran kinerja PNS dilakukan terhadap (1) Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dengan membandingkan Realisasi SKP dengan Target SKP sesuai dengan perencanaan kinerja yang telah ditetapkan dan (2) Perilaku kerja dengan melakukan penilaian perilaku kerja. “Khusus untuk penilaian perilaku kerja, efektif per 1 September 2019, BKN akan menggunakan e-Perilaku 360 derajat,” katanya. “E-Perilaku 360 derajat merupakan sistem informasi untuk melakukan penilaian perilaku pegawai secara tertutup dan acak. Penilaiannya melibatkan atasan langsung, rekan kerja, dan bawahan,” imbuhnya. Oleh karenanya, Diah berharap kegiatan yang dihadiri seluruh perwakilan unit kerja pratama di lingkungan BKN itu, mampu menghasilkan kesamaan persepsi terhadap penggunaan e-Perilaku 360 derajat, sehingga mulai 1 September 2019 dapat digunakan dengan lancar.

Neny Rochyani mengatakan penilaian kinerja PNS ditujukan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS.

Di saat yang sama, Direktur Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN, Neny Rochyani mengatakan penilaian kinerja PNS ditujukan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier. “Penilaian kinerja PNS dilakukan berdasarkan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Selain itu, penilaian kinerja PNS juga dilakukan untuk mendukung implementasi sistem merit,” ujarnya.

Neny melanjutkan, amanat lain dari PP Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS adalah pelaksanaan penilaian kinerja PNS dilaksanakan dalam suatu sistem manajemen kinerja PNS. “Sistem manajemen kinerja PNS terdiri dari (1) perencanaan kinerja, (2) pelaksanaan, pemantauan kinerja, dan pembinaan kinerja, (3) penilaian kinerja, (4) tindak lanjut, (5) sistem informasi kinerja PNS,” jelasnya. Terakhir, Neny menungkapkan e-Perilaku 360 derajat merupakan bentuk tidaklanjut dari amanat tersebut. ber