02
Mar

Optimalisasi Pelayanan Kepegawaian, BKN Jalin Sinergi bersama Pemprov Gorontalo

Manado – Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa dengan didirikannya Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai ASN Gorontalo (UPSCPKP) BKN Gorontalo, tidak hanya mengakomodir pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) pada Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) saja, tetapi juga untuk melakukan penilaian kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan metode assessment serta mendukung dalam pelayanan kepegawaian lainnya.

“Dengan pengoptimalan UPSCPKP BKN Gorontalo, nantinya pelaksanaan assessment yang selama ini dilakukan di Kantor Regional XI BKN Manado, dapat pula dilakukan di Provinsi Gorontalo. Hal ini tentu dapat mendorong terwujudnya manajemen talenta di Provinsi Gorontalo sebagai bentuk komitmen terhadap sistem merit dalam manajemen ASN,” jelas Bima. “Dengan optimalisasi pelayanan kepegawaian ini, ke depan Pemerintah Provinsi Gorontalo akan memiliki profil kompetensi pada setiap ASN,” tambah Bima dalam sambutannya pada kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) perpanjangan pinjam pakai gedung UPSCPKP BKN Gorontalo, Selasa (2/3/2021) di Aula Rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo.

Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan bahwa pengoptimalan UPSCPKP BKN Gorontalo diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat segala bentuk layanan kepegawaian, baik bagi para ASN maupun masyarakat secara umum. “UPSCPKP BKN Gorontalo sangat dibutuhkan kehadirannya di Provinsi Gorontalo, karena dengan begitu kami dapat mewujudkan komitmen sebagai instansi pemerintah yang dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien,” terang Rusli.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIM ASN) Generasi ke-4 versi 1.0 yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, serta penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat bagi 526 PNS di Provinsi Gorontalo. Selain itu, pada acara ini juga dibarengi dengan penyerahan secara simbolis SmartCard dari PT. Taspen Provinsi Gorontalo pada perwakilan PNS Provinsi Gorontalo.

Dalam perluasan jangkauan pelayanan kepegawaian ini tentunya BKN tidak bekerja sendirian, hal ini merupakan sinergi BKN bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo yang didukung dengan hibah lahan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada BKN. Pada kesempatan ini, Kepala BKN melakukan peletakan batu pertama di lahan yang terletak di Kecamatan Kota Timur tersebut. Untuk diketahui, acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah, Kepala Kantor Regional XI BKN Manado Dedi Herdi, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN Paryono, Kepala PT. Taspen Provinsi Gorontalo Kabul Wibowo, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.
HumasKanregXIBKNManado/nsp