29
Mar

Optimalisasi Penyerapan Anggaran, BKN Berorientasi pada Output

Darmuji menjelaskan bahwa evaluasi target penyerapan dan pencapaian output anggaran dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas output penyerapan. (foto: f)

Darmuji menjelaskan bahwa evaluasi target penyerapan dan pencapaian output anggaran dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas output penyerapan. (foto: f)

Jakarta-Humas BKN, Sebagai instansi pemerintah yang memperoleh penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik Semester I dan II Tahun 2015, Lingkup BKN Pusat lakukan rapat Monitoring Optimalisasi Penyerapan Anggaran, Kamis, (24/3) di Kantor Pusat BKN, untuk mengambil langkah strategis dalam mendongkrak kualitas penyerapan anggaran. Kepala Bagian Layanan Pengadaan Biro Umum Darmuji, saat ditemui Tim Humas BKN, menjelaskan bahwa evaluasi target penyerapan dan pencapaian output anggaran dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas output penyerapan.

Menurutnya kegiatan optimalisasi tersebut dilakukan untuk memantau sekaligus mengevaluasi progress target penyerapan dan pencapaian output pada awal anggaran (Triwulan I), sehingga proses penyerapan yang telah dirancang di awal tahun dapat terealisasi sesuai target, dengan berfokus pada capaian output yang dihasilkan dari penyerapan tersebut, bukan hanya sekadar terlaksananya penyerapan.

“BKN mengambil langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran pada tahun 2016 melalui monitoring berkala mulai dari proses perencanaan, pengadaan Barang dan Jasa (B/J), pelaksanaan anggaran, hingga pada level pengendalian dan pengawasan untuk mencapai efisiensi dan transparansi realisasi anggaran di akhir tahun, ” ungkapnya. (dm)