13
Des

Optimalkan Layanan Kepegawaian di Kaltara, UPT BKN Tarakan Resmi Berdiri

 

Tarakan-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meresmikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Jumat (13/12/2019). UPT ke-20 BKN ini diresmikan langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana sebagai upaya memperluas jangkauan pelayanan kepegawaian kepada publik terutama menjelang pelaksanaan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Plt. Kepala Biro Humas BKN, Paryono menyampaikan bahwa kantor UPT BKN yang berada di wilayah kerja Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin tersebut memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai sarana pelaksanaan rekrutmen CPNS, Assessment Center, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian lainnya yang menggunakan CAT BKN. Perangkat CAT BKN di UPT Tarakan juga telah dipastikan akan menjadi infrastruktur yang digunakan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahun 2019 dari sejumlah instansi. “Penggunaan CAT BKN ditargetkan dapat menjaring SDM aparatur berkompetensi tinggi melalui mekanisme yang fair dan transparan sehingga dapat berkontribusi positif bagi kemajuan birokrasi ke depan,” ujarnya.

Kantor UPT BKN Tarakan terwujud melalui Perjanjian Pemanfaatan Barang Milik Daerah tentang Pinjam Pakai Gedung Bangunan antara BKN dengan Pemerintah Kota Tarakan dalam jangka waktu lima tahun terhitung mulai tanggal 13 Juni 2019. Berlokasi di Kusuma Bangsa, Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kantor UPT BKN Tarakan ini menempati lantai II dan III dengan luas bangunan permanen 777,6 M2 (tujuh ratus tujuh puluh tujuh koma enam meter persegi).