31
Mei

Optimalkan Pengembangan Jabatan Fungsional Kepegawaian, BKN Launching Laboratorium JFK BKN

bima

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku instansi pembina 3 (tiga) jabatan fungsional Analis Kepegawaian; Auditor Kepegawaian; dan Assessor SDM Aparatur, terus mengupayakan optimalisasi dan pengembangan tiga jabatan yang dibinanya. Berbagai langkah telah dilakukan dan yang terkini adalah dengan mendirikan Laboratorium Jabatan Fungsional Kepegawaian (LAB JFK) yang diresmikan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Selasa (30/5/2017), bertepatan dengan peringatan HUT ke-69 BKN di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian BKN, Aswin Eka Adi menjelaskan fungsi dan tujuan didirikannya LAB JFK yakni sebagai ruang diskusi dan konsultasi mengenai jabatan fungsional kepegawaian, tidak hanya untuk internal pegawai BKN namun juga untuk instansi lain yang ingin memperkaya informasi ataupun melakukan benchmark.

bi

Saat membuka LAB JFK secara resmi, Kepala BKN menyinggung perihal kompetensi pada ketiga jabatan fungsional kepegawaian yang dibina BKN. Menurutnya Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian BKN perlu membangun sistem standar kompetensi yang menjadi syarat dan kualifikasi jabatan Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian, dan Assessor SDM Aparatur. “Sebelum menetapkan standar kompetensi bagi ketiga jabatan fungsional kepegawaian tersebut, cari referensi kompetensi sebanyak-banyaknya agar masing-masing jabatan fungsional kepegawaian memiliki standar kompetensi yang setara dengan jabatan fungsional lainnya,” pesannya. dessy