05
Jun

Pacu Kualitas Layanan Kepegawaian, BKN Gandeng GIZ

Jakarta-Humas BKN, Berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), BKN mempunyai tugas sebagai pembina dan penyelenggara manajemen ASN yang meliputi antara lain : sistem perencanaan, rekrutmen, pengembangan database kepegawaian, sistem penggajian dan pensiun. Uraian ini disajikan Kepala BKN Eko Sutrisno saat menerima perwakilan The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), di ruang kerjanya, Rabu (4/6). Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Kepala (Waka) Bima Haria Wibisana dan para pejabat BKN lainnya.

renkal

Ditegaskan pula bahwa BKN telah melakukan berbagai inovasi layanan kepegawaian kepada masyarakat, antara lain berupa sejumlah quick wins (layanan unggulan). Quick Wins BKN ini antara lain adalah Computer Assissted Test (CAT) untuk proses tes rekrutmen CPNS yang transparan, obyektif, dan akuntabel. Quick wins lainnya adalah Assessment Center (AC) yang dimanfaatkan berbagai instansi pemerintah untuk mengetahui serta menilai kompetensi seorang pegawai dalam menduduki jabatan tertentu.

Pada kesempatan yang sama, Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa BKN sedang menjelanai fase transformasi pada banyak aspek kepegawaian, sebagai konsekuensi logis implementasi UU ASN. Perubahan ini berpengaruh pada level institusi (corporate culture) dan bisnis proses kepegawaian. Salah satu bukti kesiapan ini adalah merumuskan Visi dan Misi baru BKN.

DSC_0011 - Copy

Sementara, perwakilan GIZ mengapresiasi pertemuan tersebut sebagai sarana mengenal dan mengetahui kiprah yang telah dilakukan BKN sampai saat ini. Di samping itu, GIZ pun dapat membuat rencana kerjasama bantuan technical advice, International expertise assisstance bagi BKN; (aman,firman,kiswanto)