24
Jun

Pegawai Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali Ikuti Tes Potensi Kepegawaian Dengan CAT-BKN

Denpasar – Humas Kanreg X BKN,Sebanyak 180 orang pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali mengikuti tes pemetaan potensi pegawai. Tes yang bertempat di Kantor Regional X BKN Denpasar menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita, M.Si dalam sambutan pembukaan menyampaikan saat ini Kantor Regional X BKN Denpasar telah memiliki 104 komputer CAT yang siap digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari tes seleksi CPNS sampai dengan tes untuk kebutuhan promosi. “Dengan penggunaan CAT kita terus mendorong transparansi dan obyektivitas proses rekrutmen, sehingga kita berharap bisa mendapatkan calon-calon pegawai dan pejabat yang kompeten,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Drs. I Gusti Kompiang Adnyana, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa hasil tes akan digunakan sebagai alat ukur untuk kepentingan mutasi dan promosi. “Hadapi semua tes dengan tenang dan jangan grogi, hasilnya jadikan sarana evaluasi untuk mengukur kemampuan diri serta tindakan koreksi berikutnya,” pesannya.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM Dr.Susy Susilawati dalam pengarahannya menyampaikan hasil tes ini selain bisa digunakan untuk kepentingan mutasi dan promosi, juga akan digunakan untuk penyusunan kebutuhan diklat. “Kita ingin mensejajarkan kualitas kompetensi SDM Kementrian Hukum dan HAM dengan kualitas SDM secara nasional. Untuk itu hasil tes ini akan dijadikan sebagai dasar penyusunan kebutuhan diklat. “Kami telah menyediakan berbagai jenis Diklat untuk meng-upgrade kompetensi saudara-saudara sekalian, jadi jangan khwatir dengan hasil tes nantinya” pesannya. Di sela-sela sambutannya penyandang gelar Doktor ini memuji fasilitas CAT Kantor Regional X BKN Denpasar. “Dari sekian Kantor yang kami kunjungi, Kantor Regional X BKN Denpasar yang paling artistik, mudah-mudahan hal ini bisa menginspirasi peserta tes sekalian untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dan saya berharap Denpasar bisa menjadi barometer untuk lahirnya calon-calon pemimpin Kementerian Hukum dan HAM kedepan” harapnya.

Pelaksanaan tes sendiri dibagi menjadi 2 sesi dengan masing-masing peserta setiap sesinya sebanyak 90 orang. Rata-rata peserta mengaku baru pertama kali mengikuti tes dengan menggunakan CAT. Station CAT di kantor Regional X BKN Denpasar saat ini memiliki 104 komputer dan bisa digunakan untuk pelaksanaan tes dengan jumlah 100 orang setiap sesinya. Disamping dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu dan loker, video cara pengoperasian CAT yang ditayangkan sesaat sebelum tes dimulai sangat membantu peserta dalam mengenal cara pengoperasian CAT. (Boent/Humas Kanreg X BKN).