20
Nov

Diperpanjang, Masa Pendaftaran Seleksi Jabatan Administrator dan Pengawas BKN

Jakarta-Humas BKN, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, Herman di ruang kerjanya Senin (20/11/2017) menginformasikan batas waktu pendaftaran jabatan Administrator dan Pengawas di lingkungan BKN diperpanjang hingga 27 November 2017. Para pelamar kedua jabatan itu direncanakan akan disaring melalui dua tahapan seleksi. Kedua tahapan tersebut yaitu: seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.
Para pelamar jabatan Administrator dan Pengawas, pada tahapan seleksi administrasi diminta mengumpulkan sejumlah berkas.

Sebagaimana yang telah dipublikasikan sejak 8 November 2017, pada pembukaan lowongan struktural kali ini terdapat dua persyaratan yang sudah disesuaikan dengan PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Perubahan yang dimaksud ialah unsur jenjang kepangkatan yang dipersyaratkan.
“Untuk Jabatan Administrator terdapat syarat ‘diutamakan’ memiliki pangkat sekurang-kurangnya Penata Tk I (III/d). Ini berbeda dengan regulasi sebelumnya dimana untuk jabatan Eselon III (setingkat Administrator-red) dipersyaratkan memiliki pangkat serendah-rendahnya Penata Tk I (III/d),” kata Herman.

Sedangkan untuk Jabatan Pengawas, menurut Herman persyaratannya ‘diutamakan’ memiliki pangkat sekurang-kurangnya Penata Muda Tk I (III/b). Ini juga berbeda dengan regulasi sebelumnya dimana untuk jabatan Eselon IV (setingkat Pengawas-red) dipersyaratkan memiliki pangkat serendah-rendahnya Penata Muda Tk I (III/b),” lanjut Herman.

Setelah para pelamar dinyatakan lulus tahapan seleksi administrasi, menurut Herman, selanjutan mereka akan mengikuti tahapan kedua yaitu seleksi kompetensi. Pada seleksi kompetensi ini, para pelamar akan mengikuti seleksi Kompetensi Teknis Kepegawaian dan Kompetensi Manajerial serta Sosio Kultural. “Pada seleksi Kompetensi Teknis Kepegawaian, para peserta akan diuji dengan menggunakan Computer Assissted Test (CAT-BKN). Sedangkan untuk seleksi Kompetensi Manajerial serta Sosio Kultural, mereka akan diuji dengan menggunakan metode Assessment Center”.

Pusat informasi kepegawaian BKN menyampaikan bahwa batas waktu pendaftaran seleksi Calon Pejabat Administrasi BKN Tahun 2017 mengalami perpanjangan. Pada awal pengumuman, batas waktu pendaftaran ditutup pada tanggal 17 November 2017. Selanjutnya batas waktu pendaftaran tersebut diperpanjang hingga 27 November 2017. bal