08
Mei

Pelayanan Publik Sumbang Nilai Krusial Reformasi Birokrasi BKN

Jakarta-Humas BKN, Sekretariat Reformasi Birokrasi (RB) Badan Kepegawaian Negara kembali menyelenggarakan Sosialisasi dan Internalisasi Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (07/05/2019). Kegiatan kali ini ditujukan untuk seluruh staf Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian guna memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan reformasi birokrasi dan zona integritas di BKN.

Acara diawali dengan paparan Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto yang menekankan pentingnya reformasi birokrasi dan zona integritas di lingkungan BKN, khususnya di Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian. Menurutnya peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu hal krusial yang melatarbelakangi sekaligus mendukung terwujudnya reformasi birokrasi. “Kualitas pelayanan publik bukan kita yang mengukur, akan tetapi masyarakat. Oleh karena itu pelayanan yang kita berikan harus sesuai dengan harapan masyarakat,” tuturnya.

Selain sosialisasi dan internalisasi, disampaikan pula laporan hasil evaluasi reformasi birokrasi dan survei integritas organisasi tahun 2018. Baik reformasi birokrasi maupun integritas organisasi menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, khususnya dalam hal pelayanan publik. Meski demikian masih terdapat beberapa catatan dan rekomendasi yang harus dilaksanakan berkaitan dengan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Kepegawaian BKN Diah Kusuma Ismuwardhani menyampaikan aspek lain yang harus diperhatikan untuk mewujudkan reformasi birokrasi, yaitu sikap anti korupsi. “Inspektorat menyediakan formulir gratifikasi untuk pemberian dalam bentuk apapun, akan tetapi kita tidak pernah melaporkan. Padahal pelapor ini dapat meningkatkan reformasi birokrasi BKN. Mari kita mulai transparan untuk itu,” tutupnya. suf