05
Nov

Pemetaan Kompetensi Seluruh Pegawai BKN, Langkah Menuju Realisasi Sistem Merit

Jakarta – Humas BKN, Dalam rangka penilaian mandiri sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan instansi pemerintah, Tim Penilai Sistem Merit di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan pertemuan dengan Tim Verifikasi KASN untuk membahas capaian penerapan sistem merit di BKN. Sejumlah butir penilaian seperti aspek perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan ASN, pengembangan karier, peningkatan kompetensi, proses mutasi, rotasi, dan promosi dipaparkan oleh Tim Penilai Sistem Merit BKN kepada Tim Verifikasi KASN.

Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf dalam pertemuan itu menyampaikan kepada Tim Verifikasi KASN bahwa pembangunan sistem merit secara konkrit di BKN sudah dilakukan sejak tahun lalu. “Kami secara intensif membentuk tim pembangunan sistem merit, melakukan pengumpulan bahan, penganggaran, dan rencana. Untuk tahun ini misalnya BKN melakukan pemetaan kompetensi seluruh pegawai dengan anggaran yang cukup mahal,” terang Supranawa Yusuf dalam Pembahasan Progres Report Penerapan Sistem Merit BKN pada Selasa, (5/11/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Sestama BKN juga menyatakan bahwa idealnya BKN menjadi institusi pemerintah yang menjadi contoh bagi instansi lain dalam penerapan sistem merit. Menurutnya manajemen ASN memiliki keterkaitan erat dengan sistem merit. Pernyataan itu disikapi oleh Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto dengan nada serupa. Ia mengungkapkan bahwa BKN bersama Kementerian/Lembaga paguyuban bidang ASN seperti KemenPANRB, ANRI, dan KASN sudah seharusnya menjadi best practice penerapan sistem merit, di samping seluruh instansi wajib menerapkan sistem merit. Namun menurutnya K/L paguyuban ASN ini yang semestinya menjadi role model bagi instansi lain.

Ada beberapa aspek penerapan sistem merit yang menurutnya minim implementasi di sejumlah institusi, seperti peta pengembangan kapasitas, rancangan pelatihan dan pendidikan, dan pengumpulan kader-kader yang disiapkan untuk melanjutkan kepemimpinan. Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai BKN Janry Simanungkalit mengungkapkan bahwa pemetaan kompetensi seluruh pegawai yang dilakukan tahun ini merupakan langkah awal pembentukan data talent ASN di BKN. Bahkan menurutnya data ini selain bisa dimanfaatkan untuk membidik kader pemimpin, juga untuk rencana pemangkasan struktur eselonisasi di BKN. des