24
Okt

Pemetaan Pegawai Perwujudan Sistem Merit di BKN‬

Jakarta – Humas BKN, Rangkaian pelaksanaan pemetaan pegawai yang dilaksanakan hingga Hari ini, Kamis (24/10/2019) diikuti sekitar 129 pegawai BKN Pusat. Pemetaan pegawai ini merupakan mandat UU ASN dan PP 11/2017 di mana setiap instansi wajib memiliki profil kompetensi ASN-nya.
Kegiatan yang berlangsung di stasiun CAT BKN Pusat ini dihadiri oleh Kepala Biro Kepegawaian Diah Kusuma Ismuwadani, dalam sambutan dan arahannya Diah mengatakan pemetaan pegawai merupakan bagian dari sistem merit sesuai UU ASN dan hasil dari pemetaan akan diketahui peta preferensi kompetensi pegawai (talent mapping) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengembangan pegawai. “Data tersebut memuat informasi mengenai preferensi kompetensi pegawai, bidang mana yang mereka minati, yang sesuai dengan kompetensi mereka” jelasnya.


Diah juga menambahkan bahwa pemetaan kompetensi yang didapat dari hasil ini dimanfaatkan untuk menyusun data talent ASN, salah satunya komponen profil kompetensi. “Pemetaan ini bukan sebuah kompetisi, apalagi sekadar mengisi Jabatan, justru tujuannya untuk melihat peta kompetensi Anda sebagai calon Pimpinan Tinggi,” terangnya.
Secara keseluruhan pelaksanaan Pemetaan Pegawai tahun 2019 telah diikuti sekitar 1200-an pegawai BKN, baik di 14 Kantor Regional BKN dan Kantor Pusat BKN Jakarta. Profil ASN yang dipetakan meliputi aspek potensi, kompetensi, dan kinerja, hasilnya dapat dimanfaatkan dalam manajemen karier seperti promosi, mutasi, rotasi, pengembangan karier serta kompetensi. ary