04
Sep

Penerimaan PNBP Melampaui Target Perlu Rencana Pemanfaatan Tepat

Jakarta-Humas BKN, Pada pertemuan dengan Komisi II DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat September 2018, Kepala BKN Bima Haria Wibisana sampaikan target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BKN untuk tahun anggaran 2019 sejumlah 7 Milliar. Terhitung sampai dengan semester II tahun 2019 (per Agustus), realisasinya sudah mencapai 15,3 M.

Realisasi PNBP tersebut dipaparkan oleh Kepala Biro Perencanaan BKN Heru Purwaka selaku Plt. Kepala Biro Keuangan BKN kepada Sekretaris Utama BKN selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) melalui Rapat Evaluasi Pengelolaan PNBP yang berlangsung Rabu, (4/9/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta. “Penerimaan PNBP BKN melalui unit kerja seperti Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN, Pusat Penilaian Kompetensi ASN, dan Pusat Pengembangan ASN perlu kita evaluasi target pemanfaatan dan penggunaannya, sampai per Agustus ini realisasi pemanfaatannya belum mencapai 95%,” terangnya.

Menanggapi paparan capaian penerimaan dan realisasi pemanfaatan PNBP tersebut, Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf berkomentar soal capaian PNBP yang dalam dua kurun dua tahun terakhir melampaui dari target yang ditetapkan harus sejalan dengan perencanaan pemanfaatannya kembali untuk instansi.

Menurutnya capaian PNBP memiliki jumlah yang siginfiikan sehingga perlu disusun dengan tepat target pemanfaatannya. “Saya meminta satuan kerja yang memiliki sumber PNBP untuk memperhatikan mulai dari perencanaan, pengelolaan, sampai penerimaan PNBP ini, jangan sampai salah penggunaan apalagi disalahgunakan, harus dipertanggungjawabkan dengan benar. Inspektorat juga diminta untuk terus mengawal penggunaan dan pengelolaan PNBP ini,” pesannya.

Sestama juga meminta agar penerapan PNBP yang ditetapkan mendorong BKN untuk terus mempertahankan standar kualitas pelayanan saat ini, jangan sampai terjadi penurunan kualitas karena menyangkut kewajiban moral instansi. Sebaliknya, dengan PNBP ini pelayanan instansi semakin ke depan harus semakin baik. bur/des