18
Mar

Pengelola Kepegawaian Kota Bontang Akhiri Rakor dengan Orientasi Lapangan ke BKN

DSC_0011

Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Bontang Siti Ngaisah dan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Bontang Saripah Nurul Hidayati. (foto :Mia)

Jakarta-Humas BKN, 100 orang pejabat pengawas serta pegawai yang membidangi kepegawaian di Kabupaten Bontang melakukan Orientasi Lapangan (OL) ke BKN, Kamis (17/3/2016). Orientasi Lapangan merupakan satu rangkaian dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Kepegawaian yang diadakan sejak 10 Maret 2016 di Kota Bontang. Para pejabat dan pegawai yang berkunjung ini didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Bontang Siti Ngaisah dan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Bontang Saripah Nurul Hidayati. Dalam pengantarnya, Saripah menjelaskan bahwa pelaksanaan Rakor Kepegawaian dan OL adalah sebagai salah satu bentuk upaya mencapai tujuan pembangunan Kota Bontang yakni: Meningkatnya Kesejahteraan, Meningkatnya Pelayanan dan Meningkatnya Daya Saing. “Pelayanan kepada pegawai yang baik diharapkan mampu menjadikan pegawai untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” jelas Saripah.

Rombongan pejabat pengawas serta pegawai yang membidangi kepegawaian di Kabupaten Bontang melakukan Orientasi Lapangan (OL) ke BKN. (foto:mia)

Rombongan ini diterima langsung oleh Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat serta Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Sabar Parlindungan Pormin. Dalam sambutannya Kepala Biro Humas menyampaikan bahwa saat ini BKN telah bertransformasi, dimana masyarakat pada umumnya dan khususnya PNS menganggap bahwa BKN hanya sebatas administrasi kenaikan pangkat dan pensiun, saat ini telah menciptakan berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para pegawai. Computer Assisted Test (CAT) BKN menjadi salah satu produk BKN yang telah digunakan secara nasional untuk proses rekrutmen CPNS tahun 2013 yang lalu. Bahkan, lanjut Kepala Biro Humas, National Civil Service Recruitment System BKN telah mendapatkan pengakuan internasional dari ASEAN Public Sector Organization of the Year pada ajang FutureGov Award se-Asia Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian menjelaskan tentang perkembangan Information Technology (IT) yang dilakukan di BKN serta proyeksi yang akan dilakukan ke depan. Sabar menegaskan bahwa untuk dapat memfasilitasi dan memberi pelayanan yang baik di bidang kepegawaian membutuhkan komitmen untuk menggunakan aplikasi yang telah ditentukan. Ibarat komunikasi, kualitas media pemberi pesan sangat baik akan menjadi tidak baik ketika kualitas penerima pesan tidak sebaik pemberi pesan. Oleh karenanya, perbaikan kualitas IT BKN seharusnya dibarengi dengan perbaikan kualitas di daerah. Bagaimana proses e-PUPNS yang telah dilakukan BKN pada akhir tahun 2015 serta bagaimana pemanfaatannya kedepan juga disampaikan di acara tersebut. fhu