29
Apr

Pengumuman Pelaksanaan Diklat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Jenjang Pertama Angkatan I Tahun 2014

Jakarta – Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur berkewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional sesuai dengan yang diamanatkan dalam PermenPAN & RB Nomor 41 Tahun 2012. Diklat Fungsional Jenjang Pertama Angkatan I bertujuan untuk membentuk kompetensiAssessor SDM Aparatur dalam melaksanakan fungsi melakukan kegiatan penilaian kompetensi manajerial (assessment soft competencies) yang efektif dan sesuai dengan panduan butir-butir kegiatan jenjang pertama.

Sehubungan dengan terbatasnya alokasi jumlah peserta diklat sejumlah 30 orang pada angkatan I ini, maka BKN mempersyaratkan peserta yang akan mengikuti diklat, antara lain:

  1. PNS yang berijazah paling rendah Sarjana (S1) di bidang Psikologi dan bidang ilmu lainnya yang berada pada rumpun bidang ilmu humaniora.
  2. Pangkat paling rendah Penata Muda Tingkat 1, Golongan Ruang III/b.
  3. Nilai prestasi kerja paling sedikit bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir.
  4. Diutamakan berasal dari Instansi Pemerintah yang sudah membangun unit dengan fungsi melakukan penilaian kompetensi manajerial.
  5. Membuat Surat Pernyataan yang menyatakan siap untuk menduduki jabatan fungsional Assessor SDM Aparatur Tingkat Pertamaditandatangani diatas materai 6000.
  6. Melampirkan Surat Rekomendasi dari atasan langsung diketahui oleh Biro Kepegawaian, yang menerangkan bahwa ybs. dikirimkan diklat atas persetujuan dan akan diangkat dalam jabatan fungsional AssessorSDM Aparatur Tingkat Pertama.

Pelaksanaan Diklat fungsional jenjang pertama pada tanggal 2 s.d 21 Juni 2014, dan diselenggarakan di Badan Kepegawaian Negara, Jl. Letjen Soetoyo No. 12, Cililitan – Jakarta Timur.

Kurikulum Diklat Fungsional jenjang Pertama terdiri dari 165 Jam Pelajaran (JP), yang terdiri dari rangkaian kegiatan Diklat, Pemagangan dan Uji Kompetensi. Sehingga nantinya peserta akan mendapatkan 2 sertifikat, yaitu Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan Latihan dan Sertifikasi Assessor SDM Aparatur Jenjang Pertama.

Berkas pendaftaran peserta diklat dikirimkan ke Pusat Penilaian Kompetensi PNS Blok III Lt. 6 Badan Kepegawaian Negara Jakarta Timur 13640. Tlp/Fax. 021-8091744 Paling lambat diterima tanggal 14 Mei 2014.

Evaluasi terhadap berkas peserta dan keputusan yang menentukan nama-nama peserta yang akan mengikuti Diklat Assessor SDM Aparatur jenjang pertama angkatan I, dilakukan sepenuhnya oleh Pusat Penilaian Kompetensi PNS Badan Kepegawaian Negara. Kami akan mengumumkannya pada tanggal 22 Mei 2014.

CATATAN :

  • Tunjangan Jabatan fungsional Assessor SDM Aparatur belum dapat direalisir karena dengan terbitnya UU ASN, berbagai rumusan terkait tunjangan jabatan ditunda pembahasannya menunggu Peraturan Pemerintah terkait tunjangan jabatan.
  • Akomodasi peserta ditanggung oleh instansi pengirim.
  • Bagi calon peserta yang sudah mengikuti Workshop Assessment Center yang diadakan oleh Pusat Penilaian Kompetensi PNS – BKN ataupun Pelatihan Assessor yang diadakan oleh provider lainnya (dalam kurun waktu tahun 2011 – 1013) tidak perlu mengikuti Diklat Pengangkatan JFT Assessor SDM Aparatur Tk. Pertama, melainkan dapat mengikuti Diklat Penyesuaian yang akan diadakan tentatif pada bulan November 2014. (Humas BKN/Yon)